Menhub Budi Karya Sumadi meluncurkan rumah sakit apung di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, 15 Agustus 2019. Medcom.id/ Rahmatullah.
Menhub Budi Karya Sumadi meluncurkan rumah sakit apung di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, 15 Agustus 2019. Medcom.id/ Rahmatullah.

Menhub Luncurkan Rumah Sakit Apung di Sumenep

Nasional fasilitas kesehatan
Rahmatullah • 15 Agustus 2019 20:10
Sumenep: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meluncurkan rumah sakit apung di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Peluncuran tersebut berkat kerja sama dengan sejumlah pihak, antara lain Kementerian Kesehatan.
 
"Ini merupakan prototipe setelah kita berdiskusi bahwa kepulauan-kepulauan di Indonesia membutuhkan layanan kesehatan," kata Budi usai peluncuran di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Budi menjelaskan fungsi angkutan laut itu tidak berlangsung selama 24 jam, sebab hanya beroperasi di pagi hari. Selain dijadikan rumah sakit apung, sore hari tempat tersebut juga dijadikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pagi mereka berjalan sampai empat jam. Siang hari di kala ombak tinggi, mereka berlabuh di pulau-pulau kecil. Di situlah fungsi rumah sakit berjalan," jelas Budi.
 
Budi mengatakan dalam perjalanan laut itu penumpang bisa berinteraksi dengan dokter sehingga terjadi penyuluhan kesehatan. Bahkan dalam rumah sakit apung sudah dilengkapi dengan kamar operasi. Dengan kamar operasi itu, pelayanan kesehatan diyakini bisa maksimal.
 
Budi belum memastikan efektif atau tidaknya rumah sakit apung itu, sebab masih uji coba. Tetapi yang jelas Budi memastikan kapal tersebut tiap hari bergerak dari pulau ke pulau. Dia juga belum memastikan dua kapal rumah sakit itu bisa menjangkau semua pulau atau tidak. Dia mengaku akan mengevaluasi jika nanti ada kekurangan.
 
"Ini pertama kali di Indonesia, dan diadakan di Jawa Timur. Setelah ini di Jawa Tengah," pungkas Budi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif