Ilustrasi. Warga antre mengambil KTP-el. Foto: ANT/IRWANSYAH PUTRA
Ilustrasi. Warga antre mengambil KTP-el. Foto: ANT/IRWANSYAH PUTRA

Pemkot Bogor Minta Kuota Blangko KTP-el Ditambah

Nasional e-ktp
Rizky Dewantara • 05 November 2019 13:28
Bogor: Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meminta porsi blangko KTP-el ditambah. Persediaan blangko KTP-el di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor habis sejak awal November 2019.
 
"Kami (Pemkot Bogor) meminta bantuan pengadaan tambahan blangko dari Pemprov Jabar, mengingat Gubernur Jabar sebagai perwakilan pemerintah daerah di pemerintah pusat," ungkap Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim,di Balaikota Bogor, Selasa, 5 November 2019.
 
Dedie mengatakan pelarangan daerah untuk mencetak blangko diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013. Regulasi itu mewajibkan pembuatan bahan dasar KTP-el memakai APBN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Distribusi blangko KTP-el diprioritaskan untuk yang pertama kali melakukan perekaman. Pemohon KTP-el terbanyak meminta pengganti KTP-el karena rusak dan hilang, disusul dengan KTP-el yang tulisannya buram atau patah," jelasnya.
 
Dia menerangkan pemohon KTP-el yang masih menunggu telah diberikan surat keterangan (suket). Namun fisik dari suket kerap dikeluhkan masyarakat, karena terlalu besar.
 
"kita akan usulkan suket dimodifikasi ukurannya agar masyarakat lebih mudah dibawa. Setidaknya sama ukurannya seperti KTP-el," tandasnya.
 
Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) di Disdukcapil Kota Bogor, Mugi Lastono, mengaku sejak awal November 2019 persediaan blanko KTP-el di Kota Bogor habis. Dia mengungkap jatah blangko KTP-el akan dikirim pemerintah pusat pada 15 November 2019.
 
"Sebanyak 500 keping," ujar Mugi saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 5 November 2019.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif