Ilustrasi bedah rumah. (Foto: MI/Akhmad Safuan)
Ilustrasi bedah rumah. (Foto: MI/Akhmad Safuan)

Kabupaten Tangerang Kembangkan Program Gebrak Pakumis Plus

Nasional sosial kemasyarakatan bedah rumah
Hendrik Simorangkir • 03 Oktober 2019 20:03
Tangerang: Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pemakaman Kabupaten Tangerang, Banten, mengembangkan program gerakan bersama rakyat atasi kawasan padat, kumuh, miskin, dan pemberdayaan lingkungan sosial ekonomi (Gebrak Pakumis Plus). Program difokuskan pada pembangunan lingkungan, sosial, dan ekonomi.
 
Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pemakaman Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah mengatakan, program sebelumnya hanya membangun dan membedah rumah. Namun kini ditambah dengan pemberdayaan masyarakat.
 
"Program Gebrak Pakumis sekarang ada plusnya. Membangun lingkungan, sosial, dan ekonomi. Jadi bukan rumahnya tapi juga masyarakatnya agar bisa tumbuh jadi masyarakat yang sejahtera," ujarnya, Kamis, 3 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iwan menjelaskan kegiatan akan segera dilaksanakan. Pihaknya lebih dulu melakukan sosialisasi guna memberikan gambaran kepada para camat untuk ikut menyukseskan program.
 
"Kita perlu kolaborasi dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait dengan penataan lingkungan kawasan permukiman sekaligus pemberdayaan ekonominya, karena target tahun ini sebanyak 1.000 rumah," katanya.
 
Sekda Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, mengapresiasi program Gebrak Pakumis Plus. Ia berharap program yang mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2016 yang kemudian disempurnakan dalam Perbup Nomor 63 Tahun 2019 benar-benar manfaat bagi masyarakat.
 
"Karena ada plusnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya juga," jelas Maesyal.
 
Maesyal menambahkan, sejak 2012-2018, pemerintah daerah melalui Bappeda sudah membangun atau merehabilitasi rumah sebanyak 6.694 unit. Pada 2019 ditargetkan sebanyak 1.000 unit rumah akan dibangun.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif