Terduga pelaku pencurian saat diberhentikan dan diperiksa aparat tanpa seragam. Foto: Medcom/Ahmad Mustaqim
Terduga pelaku pencurian saat diberhentikan dan diperiksa aparat tanpa seragam. Foto: Medcom/Ahmad Mustaqim

Curi Gabah di 5 Lokasi, Warga Purworejo Dibekuk

Ahmad Mustaqim • 25 Mei 2022 12:44
Yogyakarta: Seorang warga Purworejo, Jawa Tengah, Subardi, diduga mencuri gabah di wilayah Kabupaten Kulon Progo, di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lelaki 44 tahun tersebut ditangkap karena diduga mencuri di beberapa lokasi.
 
Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan penangkapan itu bermula dari laporan warga soal dugaan pencurian gabah di Desa Banaran, Kecamatan Galur pada 22 Mei 2022. Dari laporan itu, polisi melakukan patroli di sekitar lokasi.
 
"Pada saat itu, anggota Unit Reskrim (Polsek) Galur melihat seseorang yang identik dengan yang ada di CCTV di Jalan Trisik Banaran, (Kecamatan) Galur," kata Jeffry di Kulon Progo, Rabu, 25 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi lantas menghentikan orang tersebut dan memeriksanya. Di dalam jok sepeda motor Honda Supra Fit bernomor polisi AB 5721 VQ yang digunakan seseorang tersebut terdapat jemper berwarna merah dengan tulisan BESTIE. Kecurigaan menguat saat orang tersebut hendak kabur.
 
"Pada saat ditanya orang tersebut lari ke arah sawah dan dikejar oleh anggota Reskrim dan dapat diamankan. Selanjutnya dibawa ke Polsek Galur untuk dilakukan interogasi dan pemeriksaan," ujarnya.
 
Baca: 5 Ekor Burung Koleksi Lembang Park Zoo Dicuri
 
Jeffry menyebut terduga pelaku itu mencuri di lima lokasi berbeda meskipun masih dalam area kecamatan yang sama. Lima lokasi itu, yakni Nepi, Desa Brosot, Kecamatan Galur pada 10 Mei; Diren, Desa Pandowan, Kecamatan Galur, pada 11 Mei; dan Bagongan, Desa Nomporejo, Kecamatan Galur, pada 18 Mei.
 
Di hari yang sama, dia juga mencuri di halaman Balai Kalurahan Nomporejo Jalan Daendels Sorogenen Dk III, Desa Nomporejo, Kecamatan Galur. Lalu, pada 22 Mei 2022, pelaku mencuri di Jalan Trisik, Sorogenen II, Desa Nomporejo, Kecamatan Galur.
 
"Modus operandi pencurian yang dilakukan pelaku dengan menggunakan sepada motor kemudian mengambil dan mengangkut karung gabah milik korban yang ditinggal dan akan dijemur oleh pemiliknya. Kerugiannya mencapai Rp2.750.000," ucap Jeffry.
 
Dari pelaku, polisi menyita sebuah sepeda motor, jemper, sebuah helm, uang tunai Rp44 ribu sisa hasil penjualan gabah, sandal serta celana pelaku. Saat ini, polisi masih menyidik terduga pelaku itu.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif