Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz

Urai Kepadatan, Polda Banten Minta Pelabuhan Pelindo Dioperasikan

Nasional Mudik Lebaran Pelabuhan Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 30 April 2022 14:59
Tangerang: Polda Banten berkoordinasi dengan otoritas Pelabuhan Merak untuk mengoperasionalkan Pelabuhan Pelindo. Hal tersebut bertujuan mengurai kepadatan kendaraan yang hendak masuk Pelabuhan Merak.
 
"Berharap Pelabuhan Pelindo mulai difungsikan. Itu untuk melayani pemudik dengan kapasitas mengangkut lebih dari 2.000 kendaraan, sehingga bisa terurai kepadatan menuju Pelabuhan Merak," ujar Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga, Sabtu, 30 April 2022.
 
Shinto menuturkan, jika pelabuhan tersebut sudah beroperasional, terdapat dua pelabuhan yang bisa menjadi tambahan bagi pemudik untuk menyeberang ke Sumatra. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelum Pelindo, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara sudah dioperasikan terlebih dahulu dengan mengoperasikan 4 kapal di sana," katanya.
 
Shinto berharap, penambahan pelabuhan dan armada kapal juga mempunyai peranan penting dalam mempercepat mobilitas pemudik menyeberang.
 
Baca juga:  Pemudik Habiskan 10-11 Jam Menuju Pelabuhan Merak
 
"jika unit kapal terbatas, jumlah pemudik yang dilayani juga terbatas," ucap dia.
 
Shinto menjelaskan, saat ini kepadatan arus di jalur tol dan arteri tidak dapat dihindari karena antusiasme tinggi pemudik untuk menyeberang ke Sumatra. Pasalnya, kepadatan itu ditentukan oleh kecepatan pelayanan otoritas pelabuhan di tiap dermaga di Pelabuhan Merak.
 
"Itu menjadi faktor yang sangat penting untuk mempercepat pergerakan arus kendaraan dari jalur tol dan arteri. Jika pelayanannya lambat akan berdampak pada lambatnya pula laju kendaraan bergerak ke pelabuhan," jelasnya.
 
Shinto mengimbau, kepada para pemudik untuk tetap bersabar dan mengikuti arahan dari petugas selama di perjalanan menuju Pelabuhan Merak.
 
"Kepada para pemudik untuk tetap bersabar mengantre, mengingat hari ini adalah puncak arus mudik, apabila pemudik mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110," katanya. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif