ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Sungai Cikaso Meluap, 150 Rumah di Sukabumi Terdampak Banjir

Antara • 24 September 2022 22:34
Sukabumi: Sebanyak 150 rumah warga terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Cikaso di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
 
"Dari hasil pendataan tim gabungan, banjir ini melanda enam rukun tetangga (RT) di tiga dusun dengan total rumah yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cikaso pada Jumat, 23 September 2022," kata Staf Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin di Sukabumi, Sabtu, 24 September 2022.
 
Menurut Iding sapaan akrab dari Ariel, selain merendam seratusan rumah warga, banjir menghanyutkan empat perahu milik nelayan setempat. Namun, tidak ada korban jiwa pada bencana tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketinggian air yang merendam permukiman warga ini rata-rata 120 centimeter. Saat ini, warga harus mengungsi sementara.
 
"Warga yang terdampak banjir kami ungsikan ke SDN Simpangdago, Kecamatan Cibitung. Untuk bantuan darurat sudah mulai berdatangan dari berbagai instansi," tambahnya.
 
Iding mengatakan hingga Sabtu malam, banjir sudah mulai surut tetapi di beberapa titik masih terdapat genangan. Tim gabungan penanggulangan bencana banjir yang berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi dan unsur relawan lainnya masih bergotong royong membersihkan rumah warga dari genangan lumpur dan sampah.
 
Baca: Diguyur Hujan 2 Jam, 5 Kecamatan di Lebak Diterjang Banjir dan Longsor
 
Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan, petugas berjaga di sekitar permukiman warga dan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Sebab, masih turun hujan yang berpotensi terjadinya banjir susulan.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif