Jakarta: Perkembangan dunia digital khususnya media sosial semakin masif bahkan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula bagi pelaku usaha, mereka bisa memasarkan barangnya melalui internet.
Anggota Komisi I DPR Ahmad Rizki Sadig mengatakan, di era digital saat ini, semua sisi aktivitas kehidupan sudah diakses, difasilitasi, dan dikoneksikan oleh dunia digital. Oleh karena itu mau tidak mau seluruh masyarakat harus bisa beradaptasi dengan media digital.
“Tidak semua masyarakat kita dapat menggunakan media digital secara bijak, dan tidak semua mengerti aturan-aturan dan payung hukum yang memayungi aktivitas-aktivitas di dunia digital," kata Sadiq katanya dalam diskusi Gobrol Bareng Legislator Kemenkoinfo, Selasa, 4 April 2023.
Sadiq menegaskan, dunia digital adalah dunia yang sangat luas dan tanpa batas yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dibelahan dunia. Sehingga menggunakan media digital harus digunakan dengan sebijak mungkin.
"Maka mari kita niatkan untuk saling menasehati, berbagi pengalaman di dalam operasional ataupun dalam menggunakan media digital dalam aktivitas sehari-hari," kata Sadiq.
Salah satu pelaku UMKM yang ikut mengembangkan usahanya melalui digital Fedri Ramadhani mengatakan, prinsip memasarkan produk di ruang digital adalah memanfaatkan media digital sebagai alat untuk mempromosikan produk kepada konsumen.
Pemasaran produk di ruang digital juga sering dilakukan untuk memenuhi target pemasaran atau ditujukan untuk menarik konsumen dalam jangka waktu yang cepat.
“Hal yang pertama dilakukan dalam memasarkan produk diruang digital adalah dengan melakukan tahapan awal dan riset terlebih dahulu. Karena tidak semua media sosial dapat digunakan untuk memsarkan produk diruang digital, kita harus memilih media sosial mana yang pas,” katanya.
Menurutnya, memaksimalkan sosial media dalam memasarkan produk diruang digital untuk menghasilkan cuan yang berlimpah. Serta dapat dilakukan melalui memberikan penawaran spesial.
"Selain itu membangun relasi di media sosial, membuat konten yang valuable, menggunakan Sosial Media Ads. Serta aktif dikomunitas dan sosial media secara personal, serta menunjukkan testimoni pelanggan,” ucapnya.
Jakarta: Perkembangan dunia digital khususnya media sosial semakin masif bahkan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula bagi pelaku usaha, mereka bisa memasarkan barangnya melalui internet.
Anggota Komisi I DPR Ahmad Rizki Sadig mengatakan, di era digital saat ini, semua sisi aktivitas kehidupan sudah diakses, difasilitasi, dan dikoneksikan oleh dunia digital. Oleh karena itu mau tidak mau seluruh masyarakat harus bisa beradaptasi dengan media digital.
“Tidak semua masyarakat kita dapat menggunakan media digital secara bijak, dan tidak semua mengerti aturan-aturan dan payung hukum yang memayungi aktivitas-aktivitas di dunia digital," kata Sadiq katanya dalam diskusi Gobrol Bareng Legislator Kemenkoinfo, Selasa, 4 April 2023.
Sadiq menegaskan, dunia digital adalah dunia yang sangat luas dan tanpa batas yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dibelahan dunia. Sehingga menggunakan media digital harus digunakan dengan sebijak mungkin.
"Maka mari kita niatkan untuk saling menasehati, berbagi pengalaman di dalam operasional ataupun dalam menggunakan media digital dalam aktivitas sehari-hari," kata Sadiq.
Salah satu pelaku UMKM yang ikut mengembangkan usahanya melalui digital Fedri Ramadhani mengatakan, prinsip memasarkan produk di ruang digital adalah memanfaatkan media digital sebagai alat untuk mempromosikan produk kepada konsumen.
Pemasaran produk di ruang digital juga sering dilakukan untuk memenuhi target pemasaran atau ditujukan untuk menarik konsumen dalam jangka waktu yang cepat.
“Hal yang pertama dilakukan dalam memasarkan produk diruang digital adalah dengan melakukan tahapan awal dan riset terlebih dahulu. Karena tidak semua media sosial dapat digunakan untuk memsarkan produk diruang digital, kita harus memilih media sosial mana yang pas,” katanya.
Menurutnya, memaksimalkan sosial media dalam memasarkan produk diruang digital untuk menghasilkan cuan yang berlimpah. Serta dapat dilakukan melalui memberikan penawaran spesial.
"Selain itu membangun relasi di media sosial, membuat konten yang valuable, menggunakan Sosial Media Ads. Serta aktif dikomunitas dan sosial media secara personal, serta menunjukkan testimoni pelanggan,” ucapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ALB)