Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Medcom.id/ahmad mustaqim
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Medcom.id/ahmad mustaqim

Wisatawan Diingatkan Pilih Hotel Tersertifikasi Aman Korona

Ahmad Mustaqim • 19 Agustus 2020 19:58
Yogyakarta: Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengingatkan wisatawan memilih penginapan yang aman dari korona (covid-19). Hal itu bisa dilihat dari hotel yang telah memiliki sertifikat dan diverifikasi pemerintah setempat.
 
"Rombongan (wisatawan) harus memastikan mendapat tempat aman dan nyaman. Yang kita jual, keamanan dan kenyamanan dengan menjalankan protokol covid-19," kata Heroe di Kompleks Kantor Wali Kota Yogyakarta, Rabu, 19 Agustus 2020.
 
Ia meminta para pelaku wisata bisa menjalankan dan melaksanakan protokol covid-19 dengan benar. Menurut dia, itu akan jadi contoh wisatawan lokal maupun dari luar DIY.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, wisatawan juga harus mematuhi aturan di destinasi wisata yang dikunjungi. Yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan saat masuk destinasi wisata. Lantara, paparan covid-19 bisa terjadi di manapun.
 
"Mari semua saling menjaga dan melindungi satu sama lain sehingga bisa menciptakan aman dan nyaman," tuturnya.
 
Baca: Jokowi Optimistis Indonesia Kembali Normal pada Januari 2021
 
Pemerintah Kota Yogyakarta telah memiliki aturan untuk memberi sanksi wisatawan yang melanggar protokol pencegahan covid-19. Namun, aturan itu tak serta merta langsung dilaksanakan.
 
"Meski ada peraturan, sanksi sosial, pidana, tak dilakukan ekstrem. Aturan lebih bertujuan adaptasi kebiasaan baru. Kita ditantang mengikuti aturan baru yang menyelamatkan ketika masing-masing menjalankan protocol," tuturnya.
 
Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang, mengatakan pihaknya dalam proses verifikasi perhotelan. Jumlah perhotelan di Kota Yogyakarta sekitar 670 unit dengan berbagai kategori.
 
"Verifikasi dilakukan camat dan Forkopimda. Bila memenuhi persyaratan, Pemkot akan menerbitkan surat keterangan hasil verifikasi untuk menunjukkan kepercayaan masyarakat," ungkapnya. 

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif