Jemaah ABU Tour menghadiri sidang perdana di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, pukul 13.00 Wita. Medcom.id/Ansi.
Jemaah ABU Tour menghadiri sidang perdana di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, pukul 13.00 Wita. Medcom.id/Ansi.

Agen dan Jemaah Lintas Provinsi Hadiri Sidang ABU Tours

Nasional penipuan ibadah umrah Abu Tours Travel
Andi Aan Pranata • 19 September 2018 12:54
Makassar: Sidang perdana Direktur Utama ABU Tours Hamzah Mamba akan digelar di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 19 September 2018 siang ini. Jelang sidang, jemaah dan agen ABU Tours yang jadi korban dugaan penipuan dan penggelapan ramai-ramai mendatangi pengadilan.
 
Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan rencananya digelar pukul 13.00 Wita. Namun hingga setengah jam berlalu, majelis hakim belum memulai. Sedangkan ruangan sidang Purwoto Gandasubrata sudah dipadati puluhan agen dan jemaah yang ingin menyaksikan langsung jalannya sidang.
 
Dari puluhan orang di dalam ruang sidang, beberapa di antaranya berasal dari Sulawesi Selatan. Salah satunya Darminto, ketua Aliansi Mitra, Agen, dan Jemaah Korban ABU Tours Jawa Timur. Dia datang bersama lima orang lain dari Surabaya khusus untuk mengikuti agenda persidangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami datang ke persidangan agar bisa menyampaikan langsung informasi soal perkembangan kasus ABU Tours ke jemaah lain di Jawa Timur," kata Darminto.
 
Darminto menyebutkan, di Jawa Timur terdapat empat ribu lebih jemaah ABU Tours yang gagal berangkat umrah. Kerugian mereka ditaksir mencapai Rp79 miliar. Jumlah jemaah diperkirakan lebih banyak, karena ada yang mendaftar langsung tanpa perantara agen.
 
"Empat ribu ini yang terdapat dalam data faktur agen dan mitra. Untuk pendaftaran langsung kita belum dapat datanya," ujar Darminto.
 
Menurut Darminto, jemaah ABU Tours di Jawa Timur hingga kini masih berharap solusi agar tetap bisa diberangkatkan ke Tanah Suci. Sebab belakangan beberapa kali marak informasi soal jadwal keberangkatan. Jemaah juga sudah berulang kali mendatangi kantor cabang ABU Tours di dua kota, yakni Surabaya dan Malang.
 
"Kami umumnya ingin tetap berangkat, meski ada tambahan iuranz selama itu masih rasional. Karena dari awal kami tertarik dengan ABU Tours yang tawarkan biaya murah," dia menambahkan.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif