PLTB Sidrap Dharapkan Bermanfaat untuk Rakyat
ko Widodo memperhatikan turbin kincir angin usai meresmikan Pembangkit Listirk Tenaga Bayu (PLTB) di Desa Mattirotasi, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Senin (2/7). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe.
Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap, Sulawesi Selatan. Mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, mengucapkan syukur atas beroperasinya pembangkit yang dicetuskan saat ia memimpin.

"Saya bangga sekali akhirnya proyek ini diresmikan oleh Presiden," kata Syahrul melalui keterangan pers, Senin, 2 Juli 2018.

Sejak awal, proyek yang dimulai pada 2016 itu telah dikawal olehnya. Syahrul mengaku telah lalu-lalang dari Makassar ke Sidrap untuk memantau pembangunan pembangkit kincir angin itu. 


"(Begitu) selama bertahun-tahun demi memastikan proyek ini lancar. Ini kerja kita semua. Kerja demi rakyat dan semoga bernilai ibadah," ungkap Syahrul.

Saat ini, Syahrul meyakinkan provinsi tersebut telah memetik hasilnya. Sulawesi Selatan menjadi provinsi pertama di Tanah Air yang memanfaatkan angin untuk menghasilkan listrik. Ada 30 turbin angin yang mampu menghasilkan listrik 75 Mega Watt (MW).

Syahrul menambahkan, pembangunan ini selaras dengan potensi alam di sana. Sebab kecepatan angin di Sidrap bisa mencapai 7 meter per detik. Dengan kapasitas tersebut, angin mampu menggerakkan baling-baling berdiametet 57 meter yang terpasang di setiap turbin. 

Lebih lanjut, Ketua DPP NasDem ini sedikit bercerita mengenai asal mula PLTB Sidrap. Awalnya, ia memandang tak sedikit pihak yang pesimis atas pembangunan pembangkit itu. Pun demikian, Syahrul yang kala itu bertugas sebagai Gubernur, mendapat arahan Presiden untuk mengawal proyek tersebut.

"Sekarang, Sulsel sudah mulai memetik hasilnya. Sebagai warga Sulsel, tentu saja saya bangga," katanya.

Untuk diketahui, selain PLTB Sidrap, Presiden Jokowi juga secara simbolis meletakkan batu pertama untuk sejumlah proyek kelistrikan lain di Sulsel. Proyek itu adalah PLTU Barru-2 dengan kapasitas 100 MW, Pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Luwuk 40 MW, PLTB Tolo-Jeneponto 72 MW.



(DEN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id