ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Uji Klinis Fase III Vaksin Merah Putih Gandeng Lima RS di Jatim

Amaluddin • 11 Agustus 2022 21:55
Surabaya: Proses uji klinis fase III vaksin Merah Putih tengah berlangsung untuk penyuntikan dosis ke-2 (D-2). Ada lima rumah sakit yang digandeng untuk menyukseskan pelaksanaan uji klinis fase III vaksin Merah Putih tersebut.
 
"Lima rumah sakit itu menjadi tempat uji klinis fase III Vaksin Merah Putih itu, yang kini masih berlangsung," kata peneliti utama uji klinis Vaksin Merah Putih Unair, Dominicus Husada, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Baca: 299.630 Dosis Vaksin Covid-19 Disuntikkan per 11 Agustus

Adapun lima RS itu, yakni Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya, RSUD dr Soebandi Jember, RSUD dr Saiful Anwar Malang, dan RS Paru Jember, dan RSUD dr Soetomo Surabaya. "Untuk pusat uji klinis fase III ini dipusatkan di RSUD dr Soetomo," jelasnya.
 
Dominicus mengatakan ada 4.005 subjek atau relawan yang siap dalam uji klinis fase III ini, jumlahnya sama dengan tahapan uji klinis fase II sebelumnya. Ribuan subjek dan relawan itu berasal dari KTP luar Jawa, namun mayoritas adalah warga Jatim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sesuai amanat dari gubernur untuk memprioritaskan warga Jatim. Sebab, masih banyak warga Jatim yang belum vaksin sama sekali," ungkapnya.
 
Menurut Dominicus uji klis tahap III itu butuh waktu lama sekitar enam bulan, mengingat banyaknya jumlah subjek yang akan menerima suntik Vaksin Merah Putih itu. Sejauh ini, kata dia, pelaksanaan uji klinis fase I, II, berjalan lancar dan aman.
 
"Mudah-mudahan uji klinks III ini berjalan aman dan lancar seperti fase I dan II," ujarnya.
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif