?Sejumlah nelayan kini bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengumpulkan sampah yang tertambak di sekitar pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Metro TV
?Sejumlah nelayan kini bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengumpulkan sampah yang tertambak di sekitar pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Metro TV

Selamat Pagi Indonesia

Nelayan Nikmati Berkah Program Kurangi Volume Sampah

MetroTV • 14 Juli 2022 21:05
Kupang: Rencana aksi nasional mengurangi volume sampah di laut yang diinisiasi Indonesia Waste Platform membawa berkah bagi nelayan. Terutama mereka yang berasal dari beberapa pulau dalam kawasan Taman Nasional komodo. 
 
Sejumlah nelayan kini bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengumpulkan sampah yang tertambak di sekitar pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Sampah yang dikumpulkan nantinya bisa dijual setiap minggunya ke Indonesia Waste Platform.
 
"Jadi saya melihat ini sebagai suatu kesempatan untuk memberikan alternatif penghasilan kepada para nelayan," kata Koordinator Nasional Indonesia Waste Platform, Icha Marta, dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis, 14 Juli 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Icha menjelaskan program ini tidak hanya untuk kepentingan ekonomi masyarakat. Program ini juga diharap membangun kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. 
 
Indonesia Waste Platform membentuk organisasi pengelola sampah, melakukan kerja bakti, dan menyusun kurikulum pengelolaan sampah. Kurikulum itu diterapkan di sekolah dasar negeri dan sekolah menengah pertama Satap Komodo.
 
"Ini adalah salah satu cara untuk mendukung program presiden untuk mengurangi volume sampah di laut hingga 70% pada tahun 2025," kata Icha.
 
Berdasarkan data Indonesia Waste Platform, sejak program ini berjalan dua tahun lalu, sampah yang berhasil dikumpulkan dari laut maupun pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo didominasi plastik sampah campur. (Nicholas Timothy Suteja)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif