Ketua Tim TACB Indramayu, Dedy Musashi (memakai topi) sedang memeriksa fosil gajah purba yang ditemukan warga di Indramayu, Rabu, 15 Januari 2020. Medcom.id/ Ahmad Rofahan
Ketua Tim TACB Indramayu, Dedy Musashi (memakai topi) sedang memeriksa fosil gajah purba yang ditemukan warga di Indramayu, Rabu, 15 Januari 2020. Medcom.id/ Ahmad Rofahan

Fosil Gajah Berusia 1,5 Juta Tahun Ditemukan di Indramayu

Nasional fosil binatang purba
Ahmad Rofahan • 15 Januari 2020 12:06
Indramayu: Fosil hewan vertebrata jenis stegodon atau gajah purba ditemukan seorang warga di Dusun Ciwado, Desa Cikawung Kecamatan Terisi, Indramayu. Fosil yang diduga berumur sekitar 1,5 juta tahun itu ditemukan di lembah Sungai Cilalanang yang cukup terjal sebulan yang lalu.
 
"Warga yang menemukan saat sedang beraktivitas disekitar obyek wisata alam Ciwado," kata Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Dedy mengungkapkan karena ketidaktahuan dari penemu fosil tersebut, benda bernilai sejarah ini sempat akan dibuat batu akik oleh penemunya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan warga yang menemukan fosil ini sempat tidak tertarik mengambilnya. Namun fosil ini dibawa pulang setelah terfikirkan untuk digosok menjadi batu akik.
 
"Kemudian ada fotografer asal Jakarta yang kebetulan rekan kami, mengatakan bahwa ini merupakan fosil stegodon," jelas Deddy.
 
Dari hasil konsultasi dengan DR Lutfi Yondri, peneliti utama di Balai Arkeologi Bandung, sudah dapat dipastikan sebagai fosil hewan vertebrata jenis stegodon atau gajah purba.
 
"fosil yang ditemukan di Ciwado ini memiliki panjang 32 Cm dan lingkar tulang 22 Cm" pungkas Deddy.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif