Desa Wadas yang menjadi lokasi proyek Bendungan Bener (Dok. Medcom.id)
Desa Wadas yang menjadi lokasi proyek Bendungan Bener (Dok. Medcom.id)

Desa Wadas Trending Twitter, Polisi Lakukan Intimidasi dan Pengepungan Masjid

Rendy Renuki H • 09 Februari 2022 12:31
Jakarta: Desa Wadas di Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah sedang trending di Twitter. Polisi yang datang berkaitan dengan rencana pengukuran tambang untuk proyek Bendungan Bener justru melakukan intimidasi.
 
Bahkan menurut WALHI, polisi melakukan pengepungan masjid di desa tersebut. Peristiwa itu diketahui lewat video yang dibagikan Walhi di Twitter.
 
WALHI menuliskan keterangan dalam videonya, "Ketika aparat kepolisian menyerbu warga wadas yang sedang mujahadah dan beribadah di masjid."
Dalam video itu pun, mereka memperlihatkan penangkapan warga Wadas tanpa alasan dan sewenang-wenang oleh aparat kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"WALHI mengutuk keras tindakan sewenang-wenang Kepolisian di Desa Wadas. Dalihnya, Kepolisian kawal pengukuran lahan namun dibarengi dengan intimidasi dan pengepungan di Masjid," tulis keterangan pada unggahan WALHI di Twitter, dikutip Rabu 9 Februari 2022.
 
Tak hanya itu, pegiat media sosial Helmi Felis pun ikut menyoroti kejadian di Desa Wadas. Menurutnya, dia khawatir dengan apa yang terjadi di Wadas imbas proyek Bendungan Bener.
 
Helmi menilai situasi di Wadas sedang tidak baik-baik saja. Terlebih adanya pemutusan jaringan internet yang menurutnya sudah melanggar hukum.
 
Dia pun menanggapi pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sempat mengatakan kepada media jika kedatangan aparat polisi ke Desa Wadas untuk mengawal pengukuran tambang untuk Bendungan Bener yang menjadi Proyek Strategis Nasional.
Ganjar juga menegaskan kehadiran aparat kepolisian tidak perlu ditakuti dan tidak akan ada kekerasan.
 
"Gak percaya omongan orang ini. Take down internet sendiri sudah melanggar hukum. Ada hal luar biasa apa sampe "melanggar hukum"?," tulis Helmi Felis di Twitter-nya.
 
"Ngapain ribuan polisi kesitu kalo baik-baik saja? Setiap dia ngomong rasanya cuma Ngibul aja buat gue sih," lanjut Helmi Felis.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif