Sistem pendaftaran haji online yang diberi nama Haji Pintar ini ini bertujuan memudahkan dan meningkatkan minat masyarakat ke Tanah Suci. Metro TV
Sistem pendaftaran haji online yang diberi nama Haji Pintar ini ini bertujuan memudahkan dan meningkatkan minat masyarakat ke Tanah Suci. Metro TV

Selamat Pagi Indonesia

Haji Pintar, Digitalisasi Sistem Pendaftaran dan Pembayaran Haji

Nasional kementerian agama arab saudi haji ibadah haji indonesia-arab saudi Kemenag
MetroTV • 05 Mei 2022 12:20
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) mendukung digitalisasi penyelenggaraan haji, mulai dari proses pendaftaran hingga pemberangkatan yang diluncurkan Bank Muamalat. Sistem pendaftaran haji online yang diberi nama Haji Pintar ini ini bertujuan memudahkan dan meningkatkan minat masyarakat ke Tanah Suci.
 
“Saya bersyukur dengan digitalisasi yang dilakukan oleh Bank Muamalat, insya Allah berguna untuk menunaikan niat masyarakat menjadi jemaah,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV pada Kamis, 5 Mei 2022.
 
Digitalisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat haji pada generasi muda, terutama milenial dan generasi Z dengan pendaftaran yang cepat, praktis, dan terpercaya. Bank Muamalat optimistis jemaah haji yang mendaftar secara online akan terus bertumbuh sesuai dengan kebutuhan di era digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hilman mengatakan pemerintah kembali memberangkatkan jemaah haji setelah dua tahun vakum akibat pandemi covid-19. Kehadiran digitalisasi pendaraftaran hingga dalam proses pemberangkatan haji calon jemaah diharapkan semakin mempermudah masyarakat.
 
“Ketika para calon jemaah haji yang muda, mereka tidak mau repot-repot untuk antre dan ke banyak tempat untuk mendaftar. Sehingga pendaftaran online ini akan memudahkan mereka,” ujar Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana. 
 
Terdapat beberapa langkah untuk mendaftar haji secara online, pertama calon jemaah perlu membayar setoran awal sebesar Rp25 juta. Setelah mendapat bukti pembayaran setoran awal dan bukti validasi, calon jemaah dapat mengakses aplikasi Haji Pintar milik Kemenag untuk mendapatkan nomor dan tahun keberangkatan. (Leres Anbara)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif