Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Foto Medcom Hendrik
Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Foto Medcom Hendrik

Cegah Penumpukan PPLN, Bandara Soekarno-Hatta Tambah Lokasi Tes RT-PCR

Hendrik Simorangkir • 29 Maret 2022 06:46
Tangerang: Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan pihaknya bersama stakeholder lainnya menambah lokasi pengambilan sampel tes real time polymerase chain reaction (RT-PCR) untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Lokasi tes RT-PCR bagi PPLN ditambah di curbside (selasar) di area kedatangan internasional Terminal 3 setelah melalui area imigrasi dan bea cukai.
 
"AP II dan Satgas Udara Penanganan Covid-19 telah berkoordinasi, mulai 28 Maret, terdapat dua lokasi atau titik tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3," ujar Agus melalu keterangan tertulis, Senin, 28 Maret 2022.
 
Agus menuturkan keberadaan lokasi tes RT-PCR di curbside terminal 3 ini guna memecah antrean di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mempersiapkan area tes RT-PCR di curbside ini dengan baik," ucap dia.
 
Agus menuturkan dengan penambahan lokasi, pihaknya berharap proses kedatangan internasional dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN.
 
"Khusus untuk PPLN dengan kategori pelajar, ASN, dan PMI, pengambilan sampel tes RT-PCR dilakukan di Wisma Atlet atau lokasi yang ditetapkan Satgas Covid-19," kata  Agus.
 
Baca: Pemudik yang Belum Tuntas Divaksin Wajib Tes Covid-19
 
Selain penambahan lokasi tes RT-PCR, tenaga kesehatan untuk pengambilan sampel RT-PCR juga akan ditambah guna menghindari antrean panjang. Kedatangan PPLN melalui Bandara Soekarno-Hatta saat ini secara rata-rata berkisar 5.000 orang setiap harinya.
 
"AP II dan stakeholder antara lain Satgas Udara Penanganan Covid-19 dan maskapai selalu berkoordinasi untuk melakukan berbagai penyesuaian guna memastikan protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik," ucap dia.
 
Minggu 27 Maret 2022, sempat terjadi antrean PPLN yang akan melakukan RT-PCR di area kedatangan internasional. Hal ini disebabkan karena peningkatan PPLN yang tiba khususnya pada pukul 14.00-17.00 WIB.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif