Menparekraf Sandiaga memotong rambut gimbal di Dieng/Branda Antara
Menparekraf Sandiaga memotong rambut gimbal di Dieng/Branda Antara

Pemkab Wonosobo Berharap Wisatawan Meningkat Usai Kunjungan Sandiaga

Antara • 04 Juli 2022 16:48
Wonosobo: Pemerintah Kabupaten Wonosobo berharap jumlah wisatawan di Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), meningkat usai kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sandiaga berkunjung ke kawasan Dieng, Wonosobo, untuk menyaksikan wisata alam dan budaya.
 
"Pada momentum ini memang ketika ada Menparekraf supaya tahu bahwa Wonosobo ini keunggulannya tidak hanya alam tetapi juga budaya maupun seni, sebagai bagian dari potensi wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo, dikutip dari Antara, Senin, 4 Juli 2022.
 
Sandiaga, kata dia, menyaksikan upacara adat rambut gimbal sebagai warisan budaya tak benda Wonosobo sejak 2016. Agus Wibowo mengatakan ada beberapa versi potong rambut gimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satunya, kata dia, di Desa Sembungan yang menjadi objek kunjungan Sandiaga. Menurut Agus, ada akulturasi budaya dari agama Islam dalam ruwat rambut itu.
 
"Dalam ruwat rambut gimbal di sini ada salawatan dan tidak pakai sesaji dan tidak ada kemenyan," kata Agus.
 

Baca: Neraca Perdagangan Produk Ekraf Surplus 60% di Kuartal I


Menparekraf mendapat kesempatan memotong rambut gimbal peserta ruwat. Sandiaga memotong satu per satu dari tiga peserta ruwat rambut gimbal yang diselenggarakan di pinggir Telaga Cebong, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar. 
 
Potongan rambut gimbal tersebut kemudian dihanyutkan di Telaga Cebong. Sandiaga mengapresiasi upaya Desa Wisata Sembungan yang melestarikan tradisi pemotongan rambut gimbal. 
 
"Ini suatu kolaborasi wisata alam budaya yang sangat fantastis," kata Sandiaga.
 
Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan, Telaga Cebong merupakan salah satu destinasi unggulan Desa Sembungan ini, ekotourism dilengkapi dengan destinasi wisata budaya yaitu memotong rambut gimbal.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif