Kantor Imigrasi II NON-TPI Banggai, Sulawesi Tengah, meluncurkaan konsep Maleo Command Center (MCC), Minggu, 12 September 2021. Dokumentasi/ istimewa
Kantor Imigrasi II NON-TPI Banggai, Sulawesi Tengah, meluncurkaan konsep Maleo Command Center (MCC), Minggu, 12 September 2021. Dokumentasi/ istimewa

Imigrasi Banggai Luncurkan Konsep MCC Dukung Penegakan Hukum

Nasional pelanggaran imigrasi keimigrasian
Deny Irwanto • 12 September 2021 16:15
Banggai: Kantor Imigrasi II NON-TPI Banggai, Sulawesi Tengah, meluncurkaan konsep Maleo Command Center (MCC) untuk memperkuat pengawasan keimigrasian di wilayah setempat. Konsep yang terdiri dari 3 komponen ini dapat mendukung di wilayah banggai sebagai pusat kendali dalam penegakan hukum keimigrasian.
 
Kepala kantor imigrasi II NON-TPI Banggai, Wijaya Adibrata, mengatakan fungsi pengawasan keimigrasian di wilayah Banggai harus berbasis analisis data dan satelit yang dapat dipantau dari jarak jauh. Data dan informasi tersebut dianalisis oleh seorang analis data business intelligence.
 
"Data merupakan komponen penting dalam melakukan pengawasan dan penindakan keimigrasian di wilayah kerja Kanim Banggai," kata Wijaya dalam keterangan pers, Minggu, 12 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Akomodasi Pelancong, Penyeberangan ke Karimunjawa Ditambah
 
Dia menjelaskan konsep MCC terdiri atas 3 komponen; Data Analytics, Marine Watch, dan Eye in the Sky. MCC digunakan sebagai pusat analisis data dan pengintaian jarak jauh yang menggunakan satelit dan sistem informasi geografis (GIS).
 
Menurut dia data analytics di Kantor Imigrasi menggunakan konsep business intelligence dalam pengumpulan data dan informasi, analisis, dan visualisasi data.
 
Guna memperkuat pengawasan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi di pelabuhan, Kantor Imigrasi Banggai menerapkan konsep Marine Watch yang mengawasi perlintasan laut dengan satelit secara real time, berisi data dan informasi kapal yang masuk dan keluar Indonesia di wilayah kerja Kanim Banggai.
 
Progam Eye in the Sky di Kanim Banggai dinilai sangat mendukung tim intelijen dan penindakan keimigrasian yang dilengkapi dengan aplikasi SIPOA dalam pelaksanaan pengawasan keimigrasian yang dilengkapi dengan informasi GIS.
 
"Dengan Melalui MCC, fungsi pengawasan keimigrasian di Kantor Imigrasi II NON-TPI Banggai akan lebih sangat efektif, efisien, komprehensif, dan kredibel," jelasnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif