Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono, didampingi Sekretaris Masjid Al Akbar Surabaya, Helmi M. Noor, membacakan pencabutan surat edaran tentang salat Idulfitri. (Foto: Medcom.id/Amal)
Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono, didampingi Sekretaris Masjid Al Akbar Surabaya, Helmi M. Noor, membacakan pencabutan surat edaran tentang salat Idulfitri. (Foto: Medcom.id/Amal)

Izin Salat Id di Masjid Al Akbar Surabaya Dicabut

Nasional Virus Korona Idulfitri 2020
Amaluddin • 18 Mei 2020 19:40
Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, mencabut imbauan pelaksanaan salat Idulfitri 1441 H/2020 di Masjid Nasional Al Akbar, Surabaya. Keputusan tersebut hasil koordinasi pemprov dengan pengurus masjid.
 
"(Izin) sebenarnya hanya ditujukan untuk Masjid Al Akbar, bukan di (semua) masjid-masjid. Dari berbagai masukan, kami cabut surat edaran itu," kata Sekretaris Provinsi Jatim, Heru Tjahjono, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, 18 Mei 2020.
 
Heru menegaskan, izin menggelar salat Id di Masjid Al Akbar tertuang dalam Surat Edaran (SE) bernomor 451/7809/012/2020, tertanggal 14 Mei 2020. Dalam surat dijelaskan, pelaksanaan kegiatan takbir, salat Idulfitri, dan aktivitas lain boleh dilaksanakan berjemaah dengan berpedoman pada fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020, tentang panduan kaitan takbir dan salat Idulfitri saat pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Khofifah Izinkan Warga Jatim Salat Idulfitri dengan 5 Syarat
 
"Sehubungan dengan belum menurunnya angka penularan covid-19 di Kota Surabaya, dan menghindari adanya pro kontra terhadap isi surat, serta bias dalam implementasinya, surat tersebut (telah) ditinjau kembali dan dinyatakan tidak berlaku," jelas Heru.
 
Sementara itu, Sekretaris Masjid Al Akbar Surabaya, Helmi M Noor, menjelaskan, ada persyaratan yang tidak bisa dipenuhi oleh masjid apabila menggelar salat Id berjemaah. Yakni mencegah gelombang jemaah yang hadir.
 
Mengingat kapasitas Masjid Al Akbar yang bisa menampung 40 ribu jemaah, aturan menjaga jarak fisik antarjemaah diyakini tidak dapat terpenuhi.
 
"Karena itu, Masjid Al-Akbar Surabaya, tidak melaksanakan salat Idulfitri 1441 Hijriyah. Demikian yang ingin kami sampaikan dan terima kasih," imbuh Helmi.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif