Membangun Kembali Masjid di Palu
Bantuan berupa bahan bangunan ditujukan kepada masjid semi permanen yang telah didirikan Dewan Masjib Indonesia di Palu, Sigi, dan Donggala. Medcom.id/Andi Aan Pranata
Makassar: Dewan Masjid Indonesia kembali mengirimkan bantuan untuk daerah terdampak gempa di Sulawesi Tengah, Kamis malam, 22 November 2018. Bantuan berupa bahan bangunan ditujukan kepada masjid semi permanen yang telah didirikan DMI di Palu, Sigi, dan Donggala.

Barang bantuan dilepas dari kompleks Pergudangan 88 jalan Ir Sutami Makassar, Sulawesi Selatan. Barang dimuat dengan empat bak truk yang akan menempuh perjalanan darat selama dua hari menuju Palu.

Koordinator Lapangan Bantuan DMI Yadi Jentak menyebutkan, barang bantuan terdiri dari beberapa jenis bahan bangunan. Di antaranya 64 ton ubin keramik, serta perangkat alat untuk sarana wudu berupa tandon, pipa, dan mesin pompa air.


"Target kami menyalurkan bantuan untuk seratus masjid. Namun sampai tahap ini sementara sekitar 30 masjid," kata Yadi di Makassar, Kamis malam.

Bantuan yang dilepas DMI ke Sulteng merupakan yang ketiga kali, sejak daerah tersebut diguncang gempa dan tsunami pada 28 Oktober 2018 lalu. Sebelumnya, DMI yang dipimpin Ketua Umum HM Jusuf Kalla mengirimkan bahan baku untuk mendirikan badan bangunan masjid sementara.

"Sekarang bantuan (dikirim) untuk memberikan rasa nyaman beribadah bagi masyarakat yang terkena gempa. Seperti keramik, agar bisa lebih khusyu beribadah di masjid," kata Yadi.

DMI membangun masjid semi permanen sebagai pengganti masjid yang rusak ataupun rubuh akibat bencana alam. Dalam program ini DMI mendapatkan dana dari sejumlah donatur.

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id