Wagub Kalteng Edy Pratowo memimpin apel dan halal bi halal di lingkup pemprov pasca libur Lebaran di Aula Jayang Tingang di Palangka Raya, Senin, (9/5/2022). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)
Wagub Kalteng Edy Pratowo memimpin apel dan halal bi halal di lingkup pemprov pasca libur Lebaran di Aula Jayang Tingang di Palangka Raya, Senin, (9/5/2022). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

WFH bagi ASN di Kalteng Usai Lebaran Situasional

Nasional hari raya idul fitri kalimantan tengah ASN ASN Kerja di Rumah Lebaran 2022
Antara • 09 Mei 2022 10:42
Palangka Raya: Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH), pasca-libur Lebaran di lingkup pemprov dilakukan secara situasional.
 
"Untuk lingkup Pemprov Kalteng agar masing-masing kepala OPD mengatur dan menyesuaikan. Hanya saja kondisi di Kalteng tidak sama dengan pulau Jawa, sehingga saya lebih mengedepankan pada kondisi yang situasional terkait kebijakan itu," tegasnya, di Palangka Raya, Senin, 9 Mei 2022.
 
Dia mengatakan kondisi ini berbeda untuk wilayah Pulau Jawa, terutama yang mungkin memasuki Jakarta dari berbagai daerah dengan arus balik cukup padat, dikhawatirkan terjadi kemacetan dan lainnya, sehingga perlu adanya WFH.
 
"Terkait imbauan pemerintah dengan WFH, untuk Kalteng dapat benar-benar disesuaikan kondisi daerah dan jika dirasa tidak perlu ASN diminta segera bekerja," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: ASN Kota Depok Diwajibkan Tes Usap Antigen
 
Edy melanjutkan, masing-masing kepala OPD juga diminta teliti mengecek para ASN di unit kerjanya. Jika ada yang belum masuk dengan alasan yang tidak rasional agar menjadi catatan dan dilaporkan, serta untuk sanksi disesuaikan dengan aturan yang berlaku.
 
Sementara itu meski hujan dengan intensitas tinggi melanda Kota Palangka Raya, jajaran pemprov tetap menggelar apel salah satunya untuk memastikan kehadiran ASN pasca-libur Lebaran.
 
Pelaksanaan apel sekaligus halal bi halal 1 Syawal 1443 Hijriah lingkup pemprov, awalnya akan digelar di halaman kantor gubernur. Namun karena hujan, dipindahkan ke Aula Jayang Tingang.
 
"Di hari pertama kerja ini saya berharap tidak ada ASN yang menambah libur dan tidak hadir bekerja," kata eks Bupati Pulang Pisau tersebut.
 
Baca juga: ASN Lampung Wajib Ngantor Usai Libur Lebaran
 
Pada kegiatan ini dilakukan pengisian daftar hadir oleh pegawai negeri sipil maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) setiap perangkat daerah. Daftar hadir ini akan dievaluasi untuk mengetahui tingkat kehadiran ASN.
 
"Pada kesempatan ini kami berharap seluruh ASN tambah semangat menyukseskan seluruh program dan kegiatan pada unit kerjanya masing-masing, yang salah satu tolak ukurnya adalah pencapaian target kinerja," terang dia.
 
Menurutnya, hal ini sangat penting karena dari pencapaian target kinerja berpengaruh pada penyerapan anggaran yang berdampak secara langsung maupun tidak langsung, terhadap peningkatan perekonomian masyarakat dan pembangunan di Kalteng. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif