Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id

Solo Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Asean Paragames, Gibran Jabat Ketua Inapgoc

Triawati Prihatsari • 25 Januari 2022 18:42
Solo: Kota Solo ditunjuk menjadi tuan rumah ajang Asean Paragames 2022 yang akan diselenggarakan Juli mendatang. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai Ketua Panitia Asean Paragames 2022 (Inapgoc). 
 
"Kita dipercaya menjadi tuan rumah Asean Paragames 2022, dan saya mendapat amanat untuk menjadi Ketua Inapgoc," ujarnya, di Solo, Selasa, 25 Januari 2022.
 
Dalam dua bulan ke depan, Gibran akan mengambil langkah perbaikan venue -venue yang akan digunakan untuk Asean Paragames 2022. Namun demikian, dia menegaskan Kota Solo siap menjadi tuan rumah ajang tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti diketahui, Kota Solo bukan pertama kalinya menjadi tuan rumah ajang Asean Paragames. Sebelumnya, tahun 2011, Kota Solo pernah menjadi tuan rumah ajang yang sama dan Indonesia menjadi juara umum dalam ajang tersebut.
 
"Dalam waktu enam bulan ke depan ini akan segera kita koordinasikan, segera kita perbaiki mungkin venue yang masih kurang baik. Tetapi saya yakin Solo sudah siap, karena venuenya sudah bertaraf internasional. Dan ini luar biasa sekali untuk meningkatkan branding dan pemulihan ekonomi Kota Solo," bebernya.
 
Sementara itu, pelaksanaan Asean Paragames 2022 di Solo akan menggunakan beberapa venue di kabupaten sekitar, diantaranya Karanganyar. Terkait hal itu, dia akan melibatkan Kepala Daerah seSoloraya.
 
"Ini ada beberapa venue di Karangnyar dan hotel juga beberapa di Karanganyar. Pasti akan melibatkan Kepala Daerah seSoloraya. Semua akan kita koordinasikan," ungkapnya.
 
Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun menambahkan, sebanyak 11 negara akan terlibat dalam kegiatan Asean Paragames 2022. Meski sebelumnya kejuaraan olahraga sempat vakum karena pandemi covid-19, namun Senny mengaku tetap optimis menargetkan Indonesia menjadi juara umum tahun ini.
 
"Kita optimistis untuk menjadi juara umum, di Malaysia dulu kan kita memecahkan rekor, kita mendapatkan 126 medali emas sedangkan malaysia mendapatkan 86 medali emas. Selanjutnya kita akan koordinasi dengan Mas Wali (Wali Kota Solo), apa-apa saja yang kurang karena paling tidak kita tidak akan renovasi untuk 13 cabang olahraga. Stadion Manahan kan sudah siap," tegasnya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif