Ilustrasi KRI Dewaruci saat bersandar. MI/Grandy Mesah
Ilustrasi KRI Dewaruci saat bersandar. MI/Grandy Mesah

Warga Makassar Bisa Jajal KRI Dewaruci

Nasional kemaritiman
Antara • 24 Mei 2019 10:59
Makassar: Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) membuka kesempatan kepada warga masyarakat yang ingin melihat secara dekat dan naik ke KRI Dewaruci. Kapal legendaris Indonesia sedang bersandar di Dermaga Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan.
 
"KRI saat ini sedangan sandar di Dermaga Lantamal VI dan bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi lebih dekat dengan kapal legendaris ini, bisa datang langsung ke lantamal," ujar Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Waluyo di Makassar, Jumat, 24 Mei 2019.
 
Kapal yang sudah dihiasi dengan bermacam bendera negara tersebut kini sudah bersandar di Makassar dan siap dikunjungi. Waluyo menyebut KRI Dewaruci bersandar selama tiga hari, 23-25 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oleh karena itu bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke kapal ini dapat datang langsung ke Dermaga Layang Mako Lantamal VI," katanya.
 
KRI Dewaruci dibuat di Jerman pada 1953 bersama dua kapal lainnya yang dibeli oleh Pemerintah Jerman dan Pemerintah Yugoslavia. Hanya saja, kedua kapal itu sudah karam.
 
"Tinggal KRI Dewaruci di Indonesia yang masih bertahan dan masih beroperasi dengan pengalamannya dalam berlayar di belahan dunia," katanya.
 
Ukuran KRI Dewaruci tidak terlalu besar, teknologinya juga kalah canggih dengan kapal perang generasi anyar. Tapi, kapal ini memiliki sejarah heroisme.
 
"KRI Dewaruci meski memiliki mesin, namun tetap mengajarkan sistem kebaharian yang menggunakan kearifan lokal, misalnya untuk penentuan arah para taruna dilatih melihat tanda-tanda alam seperti bintang," ucapnya.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif