Sarang tawon endhas di salah satu rumah warga Desa Bulak Kabupaten Jepara.
Sarang tawon endhas di salah satu rumah warga Desa Bulak Kabupaten Jepara.

Warga Jepara Diteror Tawon Endhas

Nasional lebah
Rhobi Shani • 28 November 2019 19:54
Jepara: Sejumlah rumah warga Desa Bulak Baru, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, jadi tempat sarang tawon endhas atau Vespa Affinis. Beberapa warga disengat tawon berukuran besar itu, salah satu warga harus dibawa ke rumah sakit karena disengat di kepala.
 
Seorang warga RT1 RW1 Desa Bulak Baru, Dulkalim, mengetahui di atap rumahnya terdapat dua sarang tawon endhas sejak enam bulan lalu. Saat itu dia hendak membetulkan atap rumah.
 
"Mau membetulkan atap, tahu kalau ada sarang tawon endhas, ya terus tidak jadi,” ujar Dulkalim ditemui di rumahnya, Kamis, 28 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dulkalim menduga keberadaan sarang tawon endhas sudah lama. Saat malam tiba, beberapa ekor tawon masuk ke dalam rumah berputar-putar di bawah lampu.
 
"Saya pernah disengat dua kali di tangan. Rasanya ya, linu-linu lebam-lebam selama dua hari. Saat itu pas saya mau ambil air di kran,” kata Dulkalim.
 
Warga Bulak Baru lainnya, Nursiyo, mengatakan sarang tawon endhas juga terdapat di empat rumah warga lainnya. Ada yang sudah dihancurkan sendiri oleh pemilik rumah, ada juga yang masih untuh sampai sekarang.
 
"Kalau pagi antara jam 06.00 sampai 07.00 tawon-tawon itu ke pasar. Yang disasar ikan-ikan yang dijual. Jadi gading ikannya jadi bolong-bolong,” kata Nursiyo, sembari menunjukan lokasi pasar desa yang berjarak kurang dari 300 meter dari rumah Dulkalim.
 
Seorang warga dibawa ke rumah sakit, yaitu Muhtar, disengat tawon endhas di kepala lebih dari lima titik. Muhtar diserang lantaran membetulkan atap rumah yang terdapat sarang tawon endhas.
 
Komandan Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Jepara, Surana, mengungkap sarang tawon endhas terdapat di sejumlah desa di Kabupaten Jepara. Sejak sepekan terkahir pihaknya menghancurkan sarang tawon di beberapa desa.
 
"Kemarin dua tempat, di Demaan dan di Welahan. Hari ini juga ada laporan di Kopen dan Bulak Baru," ungkapnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif