ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

BPK Temukan Masalah Belanja Modal Infrastruktur 11 Pemda se-Jateng

Nasional bpk pemerintah daerah
Mustholih • 08 Januari 2020 17:38
Semarang: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan sejumlah masalah dalam belanja modal bidang infrastruktur di 11 Pemerintah Daerah se-Provinsi Jawa Tengah. Temuan-temuan BPK untuk tahun anggaran 2019 itu berpotensi merugikan keuangan negara senilai puluhan miliar rupiah.
 
"Atas temuan-temuan tersebut BPK merekomendasikan kepada kepala daerah agar memerintahkan para Pengguna Anggaran (Kepala Organisasi Perangkat Daerah) untuk memproses dan mempertanggungjawabkan," kata Kepala BPK Jawa Tengah, Ayub Amali, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 8 Januari 2020.
 
Pada masalah belanja modal bidang infrastruktur ini, kata Ayub, BPK menemukan kekurangan volume pekerjaan pada 171 paket pekerjaan mencapai Rp8,986 miliar. Selain itu, BPK juga menemukan 43 paket pekerjaan senilai Rp5,645 miliar yang tidak sesuai spesifikasi teknis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ayub mengklaim BPK turut menemukan pekerjaan tidak selesai tepat waktu yang belum dikenakan denda keterlambatan minimal sebesar Rp666,53 juta dan kekurangan penerimaan atas jaminan pelaksanaan sebesar Rp520,62 juta.
 
"BPK merekomendasikan kepala daerah memerintahkan pengguna anggaran agar memproses dan mempertanggungjawabkan kekurangan
penerimaan daerah atas pekerjaan yang tidak selesai dikerjakan tepat waktu serta mencairkan jaminan pelaksanaan sebesar Rp520,62 juta untuk disetorkan ke Kas Daerah," ujar Ayub menegaskan.
 
Menurut Ayub, temuan-temuan di atas sudah tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK yang diserahkan ke Pemerintah Daerah terkait, hari ini. Pemda yang menerima LHP itu yakni, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Kebumen, Cilacap, Banjarnegara, Pemalang, Batang, dan Kabupaten Kendal. "Pemeriksaan BPK ini dilakukan pada Semester II tahun 2019," tegas Ayub.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif