Ikon Kota Bogor Tugu Kujang di Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: ANT/Yulius Satria Wijaya
Ikon Kota Bogor Tugu Kujang di Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: ANT/Yulius Satria Wijaya

Suhu Panas di Bogor karena Gerak Semu Matahari

Nasional fenomena alam cuaca ekstrim
Rizky Dewantara • 25 Oktober 2019 13:52
Bogor: Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Citeko, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengungkap sejak tiga hari ke belakang Bogor dilanda suhu panas. Tercatat suhu di kawasan Bogor di atas 32 derajat celsius dari suhu normal 30 derajat celsius.
 
"Suhu normal kawasan Puncak siang hari berada di 23,4 hingga 25,5 derajat celsius. Tapi sudah tiga hari ini, suhunya menyentuh 34 derajat celsius," kata Forecaster Stamet di BMKG Stasiun Klimatologi Citeko, Ronald C Wattimena dihubungi Medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Dia menerangkan fenomena suhu panas terjadi lantaran adanya gerak semu matahari. Yakni bagian selatan khatulistiwa terjadi penyebaran suhu panas hampir merata pada September lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak ke belahan Bumi selatan hingga Desember. Maka, radiasi matahari di selatan semakin banyak," jelasnya.
 
Ia menambahkan sejumlah kawasan di Kota Bogor juga mengalami suhu panas. Rata-rata suhu udara sampai menyentuh angka 36 hingga 38 derajat celsius.
 
"Data suhu maksimum di Puncak pada Rabu, 23 Oktober 2019 lalu tercatat 30.3°C dengan kelembaban udara 27% (sangat kering). Tidak hanya di Puncak, di kota Bogor suhu udara tercatat hingga 36°C," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif