Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan. (Foto: MI/Jhoni Kristian)
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan. (Foto: MI/Jhoni Kristian)

Lalu Lintas Ternak di DIY Diperketat

Nasional antraks
Patricia Vicka • 15 Januari 2020 17:46
Yogyakarta: Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperketat lalu lintas ternak yang keluar masuk di wilayahnya. Tindakan ini diambil pascatemuan sapi ternak mati karena antraks di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, DIY.
 
"Kami mewajibkan seluruh ternak sapi yang masuk ke wilayah ini dilengkapi surat keterangan kesehatan hewa (SKKH)," tegas Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) DIY, Kurnia Tejawati, di Yogyakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Lebih lanjut, kata Kurnia, Pemda DIY mengisolasi wilayah Ponjong sebagai daerah pertama temuan antraks. Ternak dari wilayah ini dilarang keluar dan tidak diperkenankan menerima hewan ternak lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga sudah memberikan antibiotik pada ternak di kawasan Ponjong. Dikasih vaksin juga dan diulang setahun dua kali dalam jangka waktu sepuluh tahun sejak kasus itu muncul," katanya.
 
Hingga kini pihaknya belum menerima laporan adanya ternak positif antraks di wilayah lain. Sementara itu, berdasarkan hasil uji laboratorium dari pemeriksaan Balai Besar Veteriner (BBVet) Bogor, sapi yang mati di wilayah ini positif terjangkit antraks. Muncul juga dugaan beberapa warga ikut terpapar antraks.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif