Ilustrasi--Eks Pabrik Gula Banjaratma diubah menjadi bangunan rest area Tol Pejagan-Brebes. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Ilustrasi--Eks Pabrik Gula Banjaratma diubah menjadi bangunan rest area Tol Pejagan-Brebes. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Brebes Mulai Siapkan Lahan untuk Kawasan Industri

Kuntoro Tayubi • 17 Januari 2020 12:00
Brebes: Pembangunan Kawasan Industri Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sampai pada tahap penunjukkan operator. Operator ditugaskan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelesaikan dokumen penyediaan lahan.
 
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Brebes, Edy Kusmartono, menjelaska,n revisi Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) telah rampung. Bersama Badan Pertanahan Nasional pihaknya tengah memetakan kepemilikan tanah.
 
“Targetnya 15 Februari (2020) dokumen perinciannya sudah ada dan kita kaji kelayakannya. Penetapan lokasi akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah dan menjadi dasar melakukan pembebasan lahan,” ujar Edy, Jumat, 17 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, kata Edy, penetapan lokasi ditargetkan rampung pada Juni 2020. "Mudah-mudahan Juni sudah ada action rencana Kawasan Industri Brebes."
 
Edy menyebut, total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Kawasan Industri Brebes sebesar Rp13,985 triliun. Anggaran tersebut berasal dari APBN dan kerja sama pemerintah dan badan usaha. Porsi terbesar APBN, yakni sekitar Rp9 triliun.
 
Rencana lokasi Kawasan Industri Brebes berdasarkan data Baperlitbangda meliputi wilayah Kecamatan Losari, Kecamatan Tanjung, dan Kecamatan Bulakamba. Sedangkan luas lahan yang dibutuhkan mencapai 3.976 hektare.
 
Di lokasi yang direncanakan sebagai Kawasan Industri Brebes sudah ada sejumlah infrastruktur pendukung, di antaranya Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Nasional Pantura Cirebon-Semarang, Jalan Nasional Tengah Pejagan-Prupuk, Jalan Lingkar Utara Brebes-Tegal, serta Pelabuhan Tegal dan Cirebon.
 
Sementara untuk infrastruktur pendukung yang belum tersedia, telah dilakukan identifikasi dan diupayakan anggarannya seperti untuk pembangunan Waduk Bantarkawung, Jalan Lingkar Industri Brebes-Tegal, Tol Pejagan-Cilacap, Pipa Gas Transmisi Cirebon-Semarang, rusun, prasarana SMK ungulan, TPA Ketanggungan, serta pendalian banjir dan rob.
 
"Kawasan Industri Brebes dibangun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar tujuh persen, Gubernur Jawa Tengah telah mengajukan usulan 12 program prioritas ke Presiden, salah satunya pengembangan kawasan industri Brebes," pungkasnya.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif