Inovasi bernama Sidoarjo Smart Driving Test (SSDT) tersebut bakal di launching akhir November mendatang. Medcom.id/Syaikhul Hadi.
Inovasi bernama Sidoarjo Smart Driving Test (SSDT) tersebut bakal di launching akhir November mendatang. Medcom.id/Syaikhul Hadi.

Pemohon SIM di Purworejo Harus Lulus Tes Psikologi

Nasional sim
Bagus Aryo Wicaksono • 24 Februari 2020 11:32
Purworejo: Polres Purworejo menerapkan tes psikologi untuk pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Pemberlakukan tes psikologi diterapkan mulai hari ini, Senin, 24 Februari 2020.
 
"Untuk wilayah Jawa Tengah sendiri mulai diterapkan pada 24 Februari 2020, sesuai perintah Kapolda," ujar Kasat Lantas Polres Purworejo, AKP Dani Kurniawan, di Purworejo, Jawa Tengah, Senin, 24 Februari 2020.
 
Dia menuturkan aturan pemberlakukan tes psikologi sudah tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2019 pasal 81 ayat 1 dan 2 tentang Lalu Lintas. Aturan tersebut diperkuat dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 36.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tes psikologi dilakukan oleh psikolog yang berpengalaman dan ditunjuk langsung oleh Polri," katanya.
 
Baca:STNK dan BPKB Masih Dikelola Polri
 
Dani menambahkan pemohon SIM harus memenuhi syarat administrasi dan kesehatan (jasmani dan rohani). Tes psikologi merupakan syarat untuk bukti kesehatan rohani.
 
Dia menuturkan tes psikologi dilakukan oleh pemohon setelah melakukan cek kesehatan. Bagi pemohon yang belum lulus tes psikologi, diberikan kesempatan hingga tiga kali.
 
"Harapannya agar pengendara tidak hanya memahami aturan berkendara dan rambu lalu lintas. Tapi juga bisa mengendalikan diri selama berkendara. Sehingga bisa menekan angka kecelakaan," ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif