Suasana Rutan Kabanjahe saat terjadi kerusuhan. Foto: Antara/Hasan
Suasana Rutan Kabanjahe saat terjadi kerusuhan. Foto: Antara/Hasan

191 Napi Rutan Kabanjahe Disebar ke Empat Lapas

Nasional kerusuhan penjara
Antara • 14 Februari 2020 06:13
Medan: Sebanyak 191 narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Karo, Sumatra Utara dipindahkan ke empat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Salah satunya, Lapas Kelas IA Tanjung Gusta Medan.
 
"Empat warga binaan dari Rutan Kabanjahe itu, diterima Rabu malam (12 Februari 2020) dan langsung ditempatkan di ruangan sel Lapas Medan," kata Kepala Lapas Kelas IA Tanjung Gusta Medan Frans Elias Nico melansir Antara, Jumat, 14 Februari 2020.
 
Frans menyebutkan pemindahan keempat narapidana ini adalah instruksi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum dan HAM Sumatera Utara yang diterima Lapas Medan. "Pemindahan warga binaan itu dalam rangka pengamanan dan sekaligus pembinaan terhadap mereka yang pernah melakukan kesalahan," kata Frans.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


191 Napi Rutan Kabanjahe Disebar ke Empat Lapas
Narapidana Rutan Kabanjahe dievakuasi. Foto: Antara/Hasan
 
Selain Lapas Tanjung Gusta, napi Rutan Kabanjahe juga dititipkan di Lapas Binjai sebanyak 61 orang. Kemudian, 76 napi dipindahkan ke Lapas Pemuda di Langkat, Rutan Sidikalang 34 orang, dan Lapas Wanita Medan 16 orang.
 
Sebanyak 142 narapidana lainnya masih akan menempati tiga sel tahanan di Rutan Kabanjahe. Jumlah narapidana penghuni Rutan Kabanjahe adalah 410 orang yang terdiri dari 380 pria, dan 30 wanita.
 
Kericuhan terjadi di Rutan Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu, 12 Februari 2020. Akibatnya, sejumlah bagian bangunan rutan terbakar dan warga binaan terpaksa dievakuasi. Kericuhan diduga akibat kelebihan kapasitas dan dipicu razia narkoba.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif