Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan. Antara/Rendra Oxtora
Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan. Antara/Rendra Oxtora

Kasus DBD di Kubu Raya Mengalami Penurunan

Antara • 30 November 2022 15:02
Pontianak: Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengalami penurunan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Marijan, mengatakan sampai pekan ketiga November ini hanya tersisa 3 kasus.
 
"Pada awal November kemarin terjadi peningkatan kasus DBD sebanyak 46 di beberapa kecamatan yang ada di Kubu Raya. Namun, saat ini sudah terus menurun dan hanya tersisa 3 kasus," kata Marijan di Sungai Raya, Rabu, 30 November 2022.
 
Baca: Kasus DBD dan Covid-19 di Asmat Papua Bertambah

Marijan mengatakan untuk melakukan penekanan kasus DBD, pihaknya sudah mengintensifkan setiap fasilitas kesehatan yang ada di kecamatan dan desa.
 
"Kita sudah melakukan pengasapan pada rumah yang terkena DBD dengan radius 100 meter. Selain itu, kita juga membagikan abate kepada masyarakat untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk DBD," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya memastikan tidak ada kasus meninggal akibat DBD dari 46 kasus tersebut di mana semua pasien bisa ditangani dengan baik.
 
Marijan juga mengimbau masyarakat untuk lebih mengenal tanda-tanda terjadinya penyakit DBD seperti demam tinggi sampai hari ketiga.
 
"Saat ini tinggal 3 kasus dan masih berupa diagnosa, namun tetap kita intensifkan layanan kesehatan untuk masyarakat yang terkena DBD tersebut," jelasnya.
 
Menurut dia penyakit DBD meski diberi obat hanya turun sebentar, namun naik lagi. Kemudian timbul bintik merah bahkan lebih parah terjadi mimisan.
 
"Untuk itu masyarakat diharapkan melakukan pemantauan jentik di bak air atau tempat air tergenang dengan menggunakan lampu senter. Kemudian pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan tidak menggantung baju di tempat gelap dan membuang sampah sembarangan," ujarnya.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif