istimewa
istimewa

Papua Digital Academy Bekali Pemuda Tingkatkan Mutu SDM

Al Abrar • 19 November 2022 20:06
Bogor: Sebanyak ratusan peserta memadati ruangan Aula Sekolah Anak Indonesia di Sentul, Bogor pada Jumat, 18 November 2022. Mereka mayoritas pelajar-mahasiswa Papua yang melanjutkan studi di Jawa Barat.
 
Kehadiran anak-anak muda Papua itu dalam rangka mengikuti kegiatan peluncuran Program Papua Digital Academy yang diinisiasi oleh Eksponen Muda Papua (EMP).
 
Ketua Umum EMP, Rahman Patur mengatakan, peluncuran Papua Digital Academy dimaksudkan untuk mewadahi potensi sumber daya manusia Papua. Sasaran program ini ialah pelajar-mahasiswa dan pemuda Papua yang melanjutkan studi di luar tanah Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami melihat bakat dan potensi anak-anak muda Papua itu luar biasa. Namun, mereka jarang menemukan wadah yang tepat untuk pengembangan potensi dan bakat tersebut. Atas alasan itulah, kami menggagas program ini,” ujar Rahman di sela kegiatan.
 
Baca: Mahasiswa Papua Dibekali Pengembangan Potensi SDM yang Unggul
 
Pria asal Fakfak itu pun awalnya tidak menyangka kalau program ini bakal disambut antusias oleh generasi muda Papua yang studi di Jawa, terutama di Jawa Barat.
 
“Namun, setelah kami luncurkan (program) ini di Bali pada awal November lalu ternyata banyak anak-anak muda Papua di Bali, khususnya, sangat tertarik untuk berpartisipasi. Kesan positif berikutnya juga kami dapatkan dalam peluncuran kedua di Banten beberapa hari lalu. Alhasil, pas di Jawa Barat ini justru peminatnya mencapai ratusan lebih. Ini luar biasa,” ucap Rahman di tengah rasa tak percaya.
 
Dirinya berharap, program Papua Digital Academy ini dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi generasi muda Papua, sehingga kelak mereka mampu membangun daerahnya.
 
“Harapan besar dari kami Eksponen Muda Papua, semoga melalui program ini sedikit banyak dapat berkontribusi dalam perbaikan dan peningkatan mutu sumber daya manusia Papua. Dengan begitu, mereka suatu kelak bisa bangun Papua yang lebih baik,” pungkasnya.
 
(ALB)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif