Presiden Jokowi meresmikan gerbang tol Kramasan ruas tol Kayu Agung-Palembang, Selasa 26 Januari 2021. Foto: Istimewa
Presiden Jokowi meresmikan gerbang tol Kramasan ruas tol Kayu Agung-Palembang, Selasa 26 Januari 2021. Foto: Istimewa

Jokowi: Jarak Tempuh Pelabuhan Bakauheni-Palembang Hanya 3,5 Jam

Nasional infrastruktur Jalan Tol presiden joko widodo
Gonti Hadi Wibowo • 26 Januari 2021 11:49
Palembang: Presiden Joko Widodo menyebut kehadiran ruas Tol Kayu Agung-Palembang dapat memangkas jarak tempuh dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Kota Palembang, Sumatra Selatan. Jarak Pelabuhan Bakauheni-Palembang sepanjang 373 km yang biasanya ditempuh 12 jam perjalanan darat, kini dipangkas hanya 3-3,5 jam perjalanan.
 
"Jadi dengan adanya tol ini bisa menjadi suatu lompatan besar dari Pelabuhan Bakauheni ke Palembang bisa menghemat waktu tempuh sebanyak 75 persen," kata Jokowi saat meresmikan gerbang tol Kramasan yang akan menjadi lokasi peresmian jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung, Selasa 26 Januari 2021.
 
Jokowi mengatakan, kehadiran tol Kayu Agung-Palembang ini dapat meningkatkan perekonomian di Pulau Sumatra khususnya di Kota Palembang. Pihaknya telah menginstruksikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan pemerintah daerah setempat untuk memanfaatkan jalan tol ini dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pembangunan Jalur Puncak 2 di Cianjur Baru Wacana
 
"Saya lihat di sekitar tol ini masih banyak lahan yang kosong sehingga Pemprov Sumsel dan Pemda harus agresif mengembangkan tol ini sebagai keunggulan sehingga bisa menjadi daya tarik investor masuk ke Sumsel," kata Jokowi.
 
Presiden meresmikan Tol Kayu Agung-Palembang, pada Selasa, 26 Januari 2021. Tol sepanjang 42,5 km yang menghubungkan Kota Palembang dan Provinsi Lampung sudah siap digunakan mulai hari ini.
 
Ruas Tol Kayu Agung-Palembang merupakan bagian dari jaringan jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung. Jalan tol ini telah terhubung dengan jalan tol Trans-Sumatera lainnya, yakni TPPK (Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung) yang telah diresmikan Presiden pada 15 November 2019 silam.
 
Dengan demikian Provinsi Lampung kini telah semakin terkoneksi dengan Sumatra Selatan. Selanjutnya, dari Betung direncanakan akan tersambung dengan Provinsi Jambi.
 
Secara keseluruhan panjang jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung adalah 111,69 kilometer, yang pengerjaannya dilakukan oleh BUMN Waskita Karya. Pada ruas jalan tol ini terdapat jembatan Ogan dengan panjang 1,675 kilometer.
 
Peresmian Jalan Tol Kayuagung-Palembang dilakukan di Gerbang Tol Kramasan. Acara peresmian ditutup dengan penandatangan prasasti oleh Kepala Negara.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif