Tempat pembuatan telur asin di Desa Gerdu Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/ Rhobi Shani
Tempat pembuatan telur asin di Desa Gerdu Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/ Rhobi Shani

Industri Rumahan di Jepara Kembali Bergeliat

Nasional perekonomian UMKM ekonomi daerah pandemi covid-19
Rhobi Shani • 18 Oktober 2020 08:55
Jepara: Pandemi covid-19 yang melanda sejak sekitar tujuh bulan lalu melumpuhkan berbagai sektor ekonomi masyarakat. Seperti merosotnya industri rumahan pembuatan telur asin di Desa Gerdu, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
 
Namun seiring diizinkannya masyarakat menggelar hajatan industri rumahan pembuatan telur asin kembali bergeliat. Dalam sehari ratusan telur asin mampu terjual.
 
"Ini kan sudah mulai ramai orang hajatan. Kalau pas ramai sehari bisa sampai 600 butir," kata pembuat telur asin di Desa Gerdu, Yani, di rumahnya, Minggu, 17 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kecelakaan Beruntun di Puncak, 5 Meninggal
 
Yani menjelaskan selama pandemi dalam sehari hanya mampu menjual telur asin kurang dari 200 butir. Namun kini dalam sehari bisa menjual 600 butir telur asin.
 
Pelaku usaha pembuatan makanan, Haryatun, mengungkapkan hal senada. Saat ini pesanan kue untuk hajatan mulai banyak. Itu karena masyarakat mulai banyak yang menggelar hajatan.
 
"Kemarin-kemarin sepi. Padahal sasi Besar (penanggalan Jawa) biasanya banyak orang hajatan, tapi karena masih belum boleh jadi ya, tidak ada pesanan. Tapi kalau sekarang ini mulai ada," jelas Haryatun.
 
Selain untuk keperluan hajatan, pesanan kue juga banyak untuk acara rapat kedinasan. Pesanan kudapan dari sejumlah instansi mulai ramai.
 
"Sekarang rapat-rapat di kantor-kantor dinas kan juga sudah boleh, walaupun jumlah pesanan tidak sebanyak waktu belum ada korona. Tapi ini ya sudah lumayan," ungkap Haryatun.
 
Seperti diketahui pemerintah Kabupaten Jepara telah mengizinkan masyarakat menggelar hajatan. Namun dengan beberapa ketentuan yang harus ditaati masyarakat. Itu seperti menyediakan tempat cuci tangan dan mengatur jarak kursi tamu.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif