Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)

Zona Level 1 Jatim Bertambah jadi 6 Kabupaten

Nasional Khofifah Indar Parawansa PPKM Darurat PPKM Jawa-Bali
Amaluddin • 14 September 2021 06:48
Surabaya: Status zonasi level satu di Jawa Timur bertambah lima menjadi enam dari sebelumnya hanya satu daerah, yakni Kabupaten Lamongan. Lima daerah itu adalah Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Jember, dan Banyuwangi. 
 
"Alhamdulillah ada penambahan kabupaten/kota di Jatim yang masuk pada level satu. Sehingga total ada enam kabupaten/kota yang berada pada level satu," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Selasa, 14 September 2021.
 
Khofifah menyebut jumlah itu berdasarkan data hasil asesmen situasi covid-19 oleh Kemenkes RI. Sementara untuk level 2 terdapat 19 kabupaten/kota yaitu, Kabupaten Tuban, Sumenep, Bangkalan, Sampang, Situbondo, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Madiun, Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Jombang, dan Bojonegoro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Pengendara Diimbau Tidak Melintas Jalur Palangkaraya-Gumas
 
Lalu level tiga terjadi penurunan dari 16 menjadi 13 kabupaten/kota di Jatim, yaitu Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Lumajang, Blitar, Bondowoso, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, dan Kota Blitar.
 
Khofifah menyebut kondisi ini karena adanya sinergi dan kekompakan dari semua pihak yang turut mencegah, dan mengendalikan penyebaran covid-19 di Jatim. Dalam hal ini tak hanya pemprov, tetapi Forkopimda Jatim, Bupati/Walikota dan Forkopimda Kabupaten/ Kota, tenaga kesehatan (nakes), serta semua elemen masyarakat se-Jatim. 
 
"Di dalamnya termasuk Forkopimda Jatim, TNI-Polri, Pemkab/Pemkot, tenaga kesehatan (nakes), tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, media, sektor swasta dan seluruh elemen masyarakat di Jatim," kata mantan Menteri Sosial (Mensos) itu. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif