Pengunjuk rasa melakukan vandalisme di salah satu titik pagar gedung DPRD Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/P Aditra Prakasa)
Pengunjuk rasa melakukan vandalisme di salah satu titik pagar gedung DPRD Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/P Aditra Prakasa)

Bandung Waspada Gerakan Radikal

Nasional Tangkal Radikalisme
Roni Kurniawan • 29 Oktober 2019 17:11
Bandung: Wali Kota Bandung, Oded M Danial, mengeluarkan surat edaran berupa imbauan penolakan gerakan anti radikal. Pihaknya sedang waspada dari gerakan radikal.
 
"Penekanannya bukan ke Anarko saja. Tapi sesungguhnya siapa pun kita tidak berharap ada anarkis itu saja," ujar Oded, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Oded mengatakan imbauan ditunjukkan ke perangkat daerah, LSM dan komunitas di Kota Bandung, yang dikeluarkan pada Senin, 28 Oktober 2019. Surat edara dikeluarkan lantaran aksi kerap disusupi kelompok radikal untuk membuat kerusuhan dan berujung kerusakan fasilitas umum di Kota Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang paling khawatir itu mempolitasi anak-anak sekolah. Sampai Pak Kapolres itu ada 600 anak saat ada demo-demo itu. Ada SMP bahkan SD juga katanya, ini laporan dari Kapolres. Dari masalah seperti itu maka Kapolres minta diskusi dengan komponen masyarakat dan menghasilkan surat edaran ini," ungkap Oded.
 
Dia mengimbau orang tua senantiasa memperhatikan kegiatan anak-anak. Sekolah pun memiliki peran mengawasi para pelajar.
 
"Jangan sampai anak-anak jadi korban sikap seperti itu," tegasnya.
 
Berikut surat isi edaran dari Wali Kota Bandung:
 
Melakukan langkah koordinasi mulai dari Forkopimcam dengan melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas,RT, RW, FKPMD serta unsur lembaga kemasyarakatan lainnya untuk tetap waspada.
 
Meningkatkan, sinergitas dari aparatur keamanan, aparat pemerintah, kepala sekolah, pimpinan universitas, ormas, komunitas sampai lingkungan masyarakat terkecil untuk bersama-sama menjaga kerekatan sosial dan keamanan lingkungan berkaitan munculnya kelompok Anarko.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif