Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Brigadir Maria Sempat Dipuji Cantik Sebelum Bunuh Diri

Nasional bunuh diri polisi tewas
Anwar Sadat Guna • 27 Juli 2018 00:46
Batam: Suasana duka dirasakan jajaran Polsek Batuaji, Kota Batam, atas berpulangnya Brigadir Maria Magdalena, 36, Rabu, 25 Juli 2018 sekitar pukul 23.00 WIB. Polisi Wanita (Polwan) tersebut dikenal baik dan ramah serta ulet dalam bekerja.
 
Pantauan Medcom.id, rekan kerja Maria di Polsek Batuaji dan Polresta Barelang terus berdatangan ke rumah duka di Perumahan Taman Cipta Asri, Blok F, Sagulung, Kota Batam. Anggota kepolisian tersebut datang untuk memberikan ucapan duka cita kepada keluarga almarhum.
 
Tampak beberapa perwira di lingkungan Mako Brimob Polda Riau dan Polresta Barelang juga berada di rumah duka. Tak terkecuali Kapolsek Batuaji Kompol S Dalimunthe. Dia turut merasa kehilangan atas meninggalnya Maria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berduka. Brigadir Maria adalah sosok yang baik dan ramah. Kemarin kami masih sempat bercanda dengannya. Maria adalah penyidik di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA)," ujar Dalimunthe kepada wartawan di rumah duka.
 
Dalimunthe menuturkan, kemarin saat berada di kantor, ia sempat menyapa Maria yang tengah bekerja. Saat itu, Maria tengah menangani sebuah perkara dan membawa berkas yang akan ditandatangani kapolsek.
 
"Saya sempat candain, kalau dia kelihatan tampil cantik saat itu. Maria memakai pakaian dinas lebih rapi jadi dia kelihatan lebih cantik. Mendengar hal itu, Maria hanya tersenyum. Meski pendiam, tapi dia orangnya baik dan ramah," ujar Dalimunthe.
 
Dia mengaku kaget ketika mendapat kabar bahwa anak buahnya tersebut tewas gantung diri. "Saya kaget dan langsung ke sini (rumah duka) malam tadi. Saya sampai pukul 03.00 dini hari di rumah almarhum," ujarnya.
 
Hingga pukul 15.00 WIB, jenazah Maria masih berada di RS Bhayangkara untuk diautopsi. Sebelum ditemukan meninggal bunuh diri, Maria belum lama ini menyelesaikan studinya di Universitas Putera Batam.
 
Hal itu disampaikan Andi, tetangga Maria di Blok F Perumahan Taman Cipta Asri. "Kalau tidak salah, dia mengambil Fakultas Hukum di Universitas Putra Batam. Belum lama ini dia diwisuda," ujarnya. Karier Maria di kepolisian, kata Andi terbilang bagus.
 
Selama tinggal di Perumahan Taman Cipta Asri, kata dia, Maria meniti karir dari pangkat Bripda, Briptu, dan kini Brigadir. "Dengan menyelesaikan kuliahnya, bukan tidak mungkin pangkat Maria bisa lebih cepat naik," ujar Andi.
 
Andi mengenal sosok Maria sebagai pribadi yang baik. Meski jarang berbaur dengan warga sekitar tetapi Maria dikenal sosok yang ramah. Dengan kesibukannya sebagai penyidik di PPA, membuat Maria jarang berkumpul dengan tentangga sekitarnya. "Biasanya yang sesekali berbaur dengan tetangga adalah suaminya. Dalam beberapa kesempatan saya bertemu dengan suaminya," aku Andi.
 
Suami Maria diketahui bernama Tagor Silalahi. Dia berpangkat Inspektur Satu (Iptu) dan bertugas di Mako Brimob Polda Kepri. "Sehari-hari menjabat sebagai Kasi Kesehatan Jasmani Brimob Polda Kepri," ujar seorang anggota Brimob yang ditemui Medcom.id di rumah duka.
 
Diberitakan sebelumnya, Brigadir Maria ditemukan tewas gantung diri di rumahnya, Perumahan Taman Cipta Asri Blok F, Rabu, 25 Juli 2018 sekitar pukul 23.00 WIB. Belum diketahui motif Polwan itu gantung diri. "Belum. Masih didalami penyidik," ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga singkat.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif