Peta Gunung Soputan di Sulawesi Utara, sumber foto: googlemaps
Peta Gunung Soputan di Sulawesi Utara, sumber foto: googlemaps

Gunung Soputan Sulut Berstatus Waspada

Nasional gunung berapi
Mulyadi Pontororing • 19 April 2018 17:11
Manado: Masyarakat dan pendaki diimbau untuk tidak beraktivitas di radius 1,5 kilometer dari Gunung Soputan, Sulawesi Utara. Sebab, aktivitas vulkanik di gunung tersebut meningkat menjadi Waspada atau Level II.
 
Kepala Pengawasan Gunung Api Farid R Bina mengatakan peningkatan aktivitas terjadi sejak kemarin siang. Asap putih dan tipis mengepul di puncak gunung hingga ketinggian 50 meter.
 
"Untuk itu masyarakat diimbau agar tidak beraktivitas di dalam radius 1,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan," kata Farid kepada Medcom.id saat dihubungi dari Manado, Kamis, 19 April 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lanjut Farid, masyarakat juga harus waspada di wilayah sektor arah barat daya sejauh 2,5 kilometer yang merupakan daerah bukaan kawah. Tujuannya, masyarakat dapat terhidnar dari ancaman lelehan lahar dan awan panas.
 
Masyarakat juga diminta waspada terjadinya aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu.
 
"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," pungkasnya.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi