Kebanyakan dari jemaah haji yang terkonfirmasi positif berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Metro TV
Kebanyakan dari jemaah haji yang terkonfirmasi positif berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Metro TV

Metro Siang

19 Peserta Haji Jatim yang Tiba dari Saudi Positif Covid-19

MetroTV • 21 Juli 2022 17:31
Surabaya: Jemaah haji Kloter 7 asal Jawa Timur tiba di Indonesia. Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya menemukan 19 orang yang terindikasi covid-19.
 
“Sebagian besar yang terindikasi maupun yang di-thermal scanner itu 37,5 celcius ke atas suhunya, ternyata setelah dilakukan PCR test, negatif. Tapi untuk jamaah swab antigen kita temukan beberapa yang positif,” ujar Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, dalam program Metro Siang di Metro TV, Kamis, 21 Juli 2022.
 
Jemaah positif covid-19 dipulangkan ke daerah masing-masing menggunakan kendaraan yang telah disediakan PPIH Debarkasi Surabaya dan melakukan isolasi mandiri. Kebanyakan dari jamaah yang terkonfirmasi positif berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka yang terdeteksi positif covid-19 menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan dari petugas Gugus Tugas Covid-19 daerah masing-masing. Mereka akan diperiksa kembali menggunakan PCR test.
 
Langkah ini sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Abdul Haris menjelaskan penemuan kasus ini karena setiap haji yang pulang dari Tanah Suci harus menjalani SOP yang diterapkan pemerintah.
 
PPIH Debarkasi Surabaya dan petugas gabungan mengukur suhu menggunakan thermal scanner. Peserta haji yang memiliki suhu 37,5 celcius ke atas akan melakukan PCR test, dan yang bersuhu 37,5 celcius ke bawah akan melakukan swab antigen
 
Isolasi mandiri dipantau oleh Gugus Tugas Covid-19 daerah masing-masing untuk berjaga-jaga bila ada tindakan darurat yang harus diambil selama masa isolasi. (Annisa Ambarwaty)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif