Ilustrasi. (Foto: MI/Ardi Teristi Hardi)
Ilustrasi. (Foto: MI/Ardi Teristi Hardi)

YIA Buka Rute Internasional Pekan Ini

Nasional Bandara Yogyakarta International Airport
Ahmad Mustaqim • 11 Juli 2020 14:32
Kulon Progo: Otoritas Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, membuka layanan penerbangan rute internasional pada pekan ini. Pembukaan rute internasional ini menjadi yang pertama sejak pandemi virud korona (covid-19).
 
"Penerbangan internasional sudah dibuka mulai Rabu, 8 Juli 2020. Baik penerbangan ke maupun kembali ke YIA," kata Pelaksana tugas sementara General Manager (GM) YIA, Agus Pandu Purnama dihubungi, Sabtu, 11 Juli 2020.
 
Penerbangan rute internasional di YIA yakni ke Malaysia. Maskapai Air Asia melayani rute Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia-YIA dan sebaliknya. Ini menjadi kali pertama YIA melayani rute tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Total jumlah penumpang pada penerbangan perdana ini sebanyak 140 orang," kata dia.
 
Baca:DIY Butuh Investor Bangun Tol Yogyakarta-Kulon Progo
 
Ia mengatakan, maskapai tersebut melayani penerbangan ke Malaysia tiga kali dalam sepekan. Menurut dia, jumlah penerbangan potensial bertambah dalam beberapa waktu ke depan. Selain itu, akan nada tambahan rute penerbangan tujuan Singapura.
 
Agus menyampaikan. pembukaan penerbangan rute internasional lebih cepat dari yang direncanakan, yakni pada September. Menurut dia, tingginya permintaan penerbangan ke luar negeri membuat manajemen membukanya lebih cepat.
 
"Karena melihat persiapan protokol kesehatan di sini cukup serius, diyakini penumpang tak akan tertular. Ini juga termasuk protokol yang diterapkan dari maskapai itu sendiri," terangnya.
 
Adapun protokol wajib bagi yang berada di YIA salah satunya mengenakan masker. Saat akan masuk area YIA harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh.
 
Pegawai YIA maupun calon penumpang harus menjalankan hal itu. Selain itu, kata dia, otoritas bandara juga rutin melakukan pembersihan atau disinfektan di area bandara.
 
Agus mengingatkan, calon penumpang harus melengkapi dokumen dengan keterangan sehat dan bebas dari covid-19. Meskipun, ada perbedaan persyaratan untuk penerbangan domestik dengan internasional.
 
"Calon penumpang rute domestik harus dengan dokumen hasil rapid tes, sementara untuk rute internasional dengan dokumen hasil tes swab," terangnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif