Peran penyuluh sosial sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
Peran penyuluh sosial sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)

Bangkitkan Gairah Pensosmas untuk Tingkatkan Kesejahteraan Sosial

Nasional Berita Kemensos
Gervin Nathaniel Purba • 29 Juli 2020 20:04
Klaten: Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Sosial (BP3S) Kemensos menekankan pentingnya peran penyuluh sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menangani masalah sosial secara konsisten. Dalam pelaksanaannya, peran pemerintah daerah dan masyarakat juga turut dilibatkan.
 
Peran serta masyarakat dalam penyuluhan sosial menjadi sangat strategis karena faktor kepercayaan atau kedekatan dengan kelompok sasaran turut menentukan tercapainya tujuan dari penyuluhan sosial.
 
Sementara itu, tujuan dari dilaksanakannya penyuluhan sosial adalah terjadinya perubahan perilaku dari kelompok sasaran (individu, kelompok, massal), sehingga muncul pemahaman yang sama, pengetahuan, dan kemauan guna berpartisipasi secara aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan menjadi agen perubahan untuk masyarakat guna mencapai program desa Berketahanan Sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu diungkapkan oleh Kepala BP3S Kemensos Syahabuddin di hadapan 30 calon bakal calon penyuluh sosial masyarakat Kabupaten Klaten; 30 kepala desa/lurah/aparatur desa; dan 30 penyuluh sosial masyarakat di Kabupaten Gunung Kidul Jogja, Sragen, dan Purworejo. Sosialisasi dilaksanakan di Hotel Tjokro, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Bangkitkan Gairah Pensosmas untuk Tingkatkan Kesejahteraan Sosial
 
Syahabuddin mengingatkan agar penyuluhan sosial harus dilakukan secara berkelanjutan sampai terjadinya perubahan perilaku sesuai dengan perilaku yang diinginkan. Perubahan perilaku yang dilakukan melalui kegiatan penyuluhan ialah perubahan pada ranah kompetensi, meliputi pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif).
 
"Terdapat empat komponen penting dalam proses perubahan perilaku dalam penyuluhan sosial tersebut adalah melalui penyebarluasan informasi, komunikasi, motivasi dan edukasi," ujar Syahabuddin, dikutip keterangan tertulis.
 
Bangkitkan Gairah Pensosmas untuk Tingkatkan Kesejahteraan Sosial
 
Di satu sisi, Pusat Penyuluhan Sosial sebagai institusi pelaksana penyuluhan sosial di bawah Kemensos telah merekrut tenaga relawan dari masyarakat yang akan membantu pemerintah melakukan penyuluhan sosial.
 
Tenaga relawan ini disebut sebagai Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) yang telah tersebar di 34 Provinsi seluruh Indonesia untuk menjadi mitra pemerintah dalam menangani permasalahan sosial, dan menjadi penggerak di masyarakat dalam pembangunan/ penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
 
Bangkitkan Gairah Pensosmas untuk Tingkatkan Kesejahteraan Sosial
 
"Dalam melaksanakan tugas sebagai Pensosmas, para relawan sosial yang direkrut sesuai dengan kriteria membutuhkan latihan dasar dan bimbingan teknis terlebih dulu. Supaya dapat untuk menunjang keberhasilan penyuluhan sosial di lapangan," katanya.
 
Mewakili Bupati Klaten Kepala Dinas Sosial Kabupaten Klaten Much Nasir mengucapkan banyak terima kasih karena Klaten menjadi lokasi kegiatan ini. Dan pemerintah daerah mendukung penuh dengan adanya kegiatan penyuluhan sosial dan berharap satu desa mempunyai satu penyuluh sosial.
 
Bangkitkan Gairah Pensosmas untuk Tingkatkan Kesejahteraan Sosial
 
Hal ini sejalan dengan Permensos Nomor 6 Tahun 2017 tentang Standar Nasional SDM Penyelenggaraan Kesejahteraan sosial yang mengatakan, bahwa kemampuan dari penyuluh sosial akan menentukan keberhasilan dari pelaksanaan penyuluhan sosial.
 
Oleh sebab itulah kemampuan atau kompetensi dari para penyuluh sosial masyarakat perlu memiliki standar tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Pada masa pandemi covid-19 ini, Pusat Penyuluhan tetap melaksanakan perekrutan penyuluh sosial masyarakat, namun dengan menyesuaikan protokol kesehatan.
 

(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif