Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan menjalin kerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Cengkok Karya Mandiri terkait pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UKM. (Antara/Azmi)
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan menjalin kerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Cengkok Karya Mandiri terkait pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UKM. (Antara/Azmi)

Kemenkop UKM Gandeng Lembaga Pelatihan Beri Pendampingan

Nasional UKM banten Kementerian Koperasi dan UKM Kota Tangerang
Antara • 21 Januari 2022 16:19
Tangerang: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan menjalin kerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Cengkok Karya Mandiri perihal pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UKM. Bentuk pendampingan yang diberikan adalah membantu pelaku UKM membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) hingga permodalan.
 
"Masalah utama lainnya adalah permodalan. Tapi alhamdulillah, Kementerian Koperasi dan UKM sudah memberi akses terkait modal. Pak Menteri pun meminta kami turut bantu UKM di Tangerang. Kami harap LPK Cengkok Karya Mandiri bisa menjadi contoh dan bisa memperkuat ekonomi rakyat," kata Ketua LPK Cengkok Karya Mandiri, M Sidik, di Tangerang, Banten, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Dia menilai, pendampingan ini menjadi upaya memperkuat dan mendorong transformasi UKM. Pihaknya pun mengapresiasi dan menyambut baik kerja sama Kementerian Koperasi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berbagai produk yang dihasilkan UKM memiliki kualitas tinggi dan mampu bersaing ditingkat Nasional. Tapi karena pengemasan yang belum terkonsep serta tidak ditopang pemasaran yang bagus akhirnya tidak berkembang," ujarnya.
 
Baca: Teten Dorong RI Cetak Wirausahawan Muda dari Inkubasi Kampus
 
Ia menjelaskan, LPK Cengkok Karya Mandiri telah melakukan pertemuan secara langsung dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada 18 Januari 2022, di Jakarta. Dalam pertemuan itu hadir pula Sekretaris Deputi Usaha Mikro Aufrida Herni Novieta dan Sekretaris Deputi Perkoperasian Devi Rimayanti. Sedangkan LPK Cengkok Karya Mandiri diwakili oleh Ketua BLK M.Sidik dan pembina Muhkam Hudaya.
 
Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan komitmennya turut membimbing BLK dan UKM dalam mendorong literasi kewirausahaan dan digital. Teten menilai, Kementerian UKM bisa membantu berbagai pelatihan yang dibutuhkan LPK untuk mendorong akselerasi usaha rakyat.
 
"Penting bagi UKM agar lebih melek dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Banyak contoh UKM yang go-internasional dan mendapat sokongan dari pengusaha luar negeri. Valuasinya meningkat beberapa kali lipat," ujar Teten.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif