Pelatihan UMKM oleh Subholding Pelindo Jasa Maritim, bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Istimewa
Pelatihan UMKM oleh Subholding Pelindo Jasa Maritim, bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Istimewa

UMKM di Makassar Diberi Pendampingan Digital Marketing dan Branding

Whisnu Mardiansyah • 30 November 2023 21:13
Makassar: Sektor Usaha kecil Mikro dan Menengah (UMKM) salah satu tulang punggung ekonomi nasional. Namun, banyak dari mereka tak mengerti untuk pemasarannya dan pengembangan usaha.
 
Subholding Pelindo Jasa Maritim, bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) memberikan pendampingan kepada mitra UMKM di Makassar. Mitra UMKM mendapat pendampingan dari mentor berpengalaman yang disiapkan secara khusus oleh perusahaan. 
 
Sebanyak tiga mitra UMKM ini terpilih setelah mengikuti kompetisi presentasi proposal bisnis pada kegiatan SPJM Support UMKM Tahap II Agustus lalu. Ketiganya adalah pemilik jenama Abon Mbak Dwi (Juara 1), Tapoji (Juara 2), dan Dapur Mama (Juara 3).

“Sebagai follow up dari seleksi tersebut, ketiga mitra UMKM kemudian mendapatkan bimbingan khusus untuk pengembangan usahanya," kata Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar di Makassar, Kamis, 30 November 2023.
 
Baca: Pj Gubernur Sumsel Dorong Keterlibatan IKM dalam Pemulihan Ekonomi

Dalam kegiatan yang melibatkan tiga mentor berpengalaman yang telah berkomitmen untuk memberikan bimbingan dan dukungan maksimal. 3 mentor utama pendamping dengan berlatar belakang berbeda, yaitu Tsalis Kurniawan (pendamping bidang Social Return on Investment (SROI)), Sutan Faisal Lubiz (pendamping digital marketing), dan Ahmad Nur Kholis (pendamping Brand Strategist).
 
Lebih lanjut Patrick menyampaikan saat ini, para mitra UMKM tengah merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan nilai sosial dan ekonomi dari produk dan layanan mereka.
 
Selain itu, mentor memandu para Mitra UMKM SPJM dalam memanfaatkan potensi pemasaran digital. Dengan peningkatan visibilitas online dan strategi pemasaran yang lebih efektif, UMKM diharapkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka.
 
Di samping itu, mentor juga membimbing para Mitra UMKM SPJM dalam mengembangkan strategi merek yang kuat. Dengan fokus pada identitas merek dan diferensiasi, UMKM diarahkan untuk membangun citra yang positif dan membedakan diri di pasar yang kompetitif.
 
Pendampingan ini dilaksanakan selama 3 bulan dan sudah berjalan di bulan kedua akhir. Progresnya saat ini menunjukkan hasil positif terhadap dampak lingkungan, sosial dan ekonomi serta peningkatan kinerja dan kapasitas usaha dari ketiga Mitra UMKM.
 
Beberapa pencapaian mencakup peningkatan omzet penjualan, peningkatan efisiensi operasional, dan pengembangan produk yang lebih inovatif. Adapun untuk laporan SROI akan terlihat pada Desember. Selain itu, terlihat juga peningkatan keterlibatan masyarakat dan pemahaman yang lebih baik tentang praktik bisnis berkelanjutan.
 
“Proses pendampingan ini mengedepankan pendekatan holistik, memastikan bahwa UMKM tidak hanya mendapatkan dukungan dalam peningkatan produktivitas dan penjualan, tetapi juga dalam meningkatkan dampak sosial positif mereka, “ Kata Patrick. 
 
Melalui kolaborasi erat antara mitra UMKM dan mentor berpengalaman, diharapkan bahwa progres yang signifikan dari ketiga mitra tersebut akan terus dicapai dalam waktu dekat.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(WHS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan