Ilustrasi sertifikat tanah. Foto: Antara/Umarul Faruq
Ilustrasi sertifikat tanah. Foto: Antara/Umarul Faruq

Ombudsman Banten Kawal Perampungan PTSL Hingga 2023

Nasional sertifikat tanah gratis
Farhan Dwitama • 26 Januari 2020 11:25
Tangerang: Badan Pertanahan Nasional Agraria dan Tata Ruang (BPN ATR) Provinsi Banten, menargetkan program pendaftaran tanah sistematis lengkal (PTSL) di provinsinya bisa selesai pada 2023. Saat ini seluruh jajaran tingkat kota/ kabupaten di Banten, juga terus berupaya menekankan pentingnya sertifikat tanah.
 
Kepala BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng, mengatakan pihaknya di awal tahun 2020 ini telah memberikan 2.946 sertifikat tanah kepada masyarakat di Banten.
 
"Kita mulai menyapa masyarakat supaya sukses PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) tahun 2020-2023 bisa kita capai," kata Andi Tenri di Tangerang Selatan, Minggu, 26 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Andi menjelaskan pentingnya sertifikat pada aset tanah adalah untuk mencegah sengketa dan konflik di masyarakat. Oleh karena itu pemerintah menargetkan program seritifikasi tanah dapat selesai pada 2025.
 
Menurut Andi sertifikat tanah juga memiliki nilai aset yang hidup serta mampu membangun masyarakat yang berpartisipatif serta mandiri berwirausaha.
 
"Sebab sertifikat tanah gratis dari pemerintah boleh digunakan untuk jaminan pinjaman. Tapi ingat pinjaman kreditnya harus dilunasi agar sertifikat tak berpindah tangan," jelas Andi.
 
Sementara Kepala Perwakilan Ombudsman Banten, Dedy Irsan, menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan pemerintah melalui BPN Banten agar masyarakat memiliki sertifikat tanah melalui progran PTSL tersebut.
 
Jajarannya mengaku akan terus mengawal dan mengawasi pelaksanaan PTSL di Wilayah Provinsi Banten.
 
"Tujuannya untuk memastikan PTSL yang merupakan program prioritas pemerintah tersebut berjalan dengan baik dan tepat sasaran, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku," kata Dedy.
 
Hal tersebut menurut Dedi, mengacu pada standar pelayanan publik sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
 
"Penerbitan PTSL di Banten, kami pastikan baik dari sisi jangka waktu diperolehnya sertifikat tersebut, biaya, persyaratan serta sistem mekanisme prosedur pengurusan sertifikat tersebut hingga sertifikat tersebut selesai dan diserahkan kepada masyarakat," pungkas Dedy.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif