NEWSTICKER
BPBD Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memeriksa kesiapan perahu karet menghadapi puncak musim hujan. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
BPBD Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memeriksa kesiapan perahu karet menghadapi puncak musim hujan. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

BPBD Jepara Cek Keamanan Perahu Karet

Nasional antisipasi banjir
Rhobi Shani • 12 Desember 2019 14:36
Jepara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memeriksa kesiapan perahu karet menghadapi puncak musim hujan. Tiga perahu karet bantuan pemerintah provinsi Jawa Tengah, hari ini diuji coba di perairan Pantai Bandengan.
 
Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto, mengatakan, bantuan tiga perahu karet menambah jumlah perahu yang dimiliki BPBD. Saat ini BPBD Jepara memiliki sembilan perahu karet.
 
“Perahu baru ini juga disiapkan untuk diterjunkan ke lokasi banjir. Hari ini kami cek dulu karena baru saja kami terima,” ujar Arwin, Kamis, 12 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Arwin, uji coba perahu karet di perairan Pantai Bandengan guna memastikan perahu bisa dipakai. Termasuk uji kestabilan, periksa kebocoran, dan kinerja mesin.
 
“Tadi dicoba ke tengah dan semua aman baik-baik saja,” kata Arwin.
 
Selain mencoba perahu karet, perlengkapan lain seperti mobil dapur umum, kendaraan angkut perahu, dan perlengkapan vertical rescue, ikut diperiksa kesiapannya.
 
Sementara itu, wilayah rawan banjir di Jepara, yaitu daerah yang berada di aliran Sungai Serang Welahan Drainase (SWD) I dan II. Serta sejumlah sungai-sungai besar lainnya, seperti Sumberrejo.
 
Ada 59 desa rawan banjir di 12 kecamatan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kecamatan Welahan disebut sebagai wilayah paling rawan banjir.
Sebanyak 10 desa di Kecamatan Welahan dinyatakan rawan banjir di antaranya Desa Welahan, Ujung Pandan, Karanganyar, Ketilengsingolelo, Kedungsari Mulyo, Bugo, Gedangan, Brantak Sekartaji, Sidigede, dan Kendeng Sidialit.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif