Ilustrasi hujan es. Foto: MI/Cikwan
Ilustrasi hujan es. Foto: MI/Cikwan

Hujan Es Melanda Temanggung

Nasional hujan es
Antara • 03 Desember 2019 08:42
Temanggung: Hujan es disertai dengan angin kencang melanda Kelurahan Madureso, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada Senin sore, 2 Desember 2019. Angin kencang mengakibatkan beberapa rumah rusak di bagian atap, dan sejumlah pohon tumbang.
 
Warga Kelurahan Madureso, Bambang Sundoro, mengatakan sebelum hujan es hanya terjadi hujan biasa. Beberapa menit kemudian, terdengar suara keras dari atap rumah.
 
"Setelah saya cek keluar ternyata ada butiran es kecil-kecil," katanya, melansir Antara, Selasa, 3 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan tidak selang beberapa menit aliran listrik padam. Pohon tumbang diduga mengenai jaringan kabel PLN dan menyebabkan pemadaman.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi menyampaikan hujan es adalah kejadian langka di Kelurahan Madureso. Dia menambahkan angin kecang mengakibatkan pohon tumbang terjadi di jalan lingkar selatan Temanggung arah Pikatan.
 
"Kami masih mendata jumlah kerusakan yang dialami warga. Data yang kami peroleh sementara di Kelurahan Madureso terdapat empat rumah rusak di bagian atap, selain itu di Desa Gedekan Kecamatan Tlogomulyo juga terdapat satu rumah rusak akibat angin kencang," katanya.
 
Dia menuturkan warga langsung bekerja bakti membenahi atap yang gentingnya terbawa angin usai hujan reda. Sejumlah warga juga menyingkirkan pohon tumbang yang menutup badan jalan.
 
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Tuban Wiyoso, mengatakan fenomena hujan es biasa terjadi pada awal musim hujan. Hujan, kata dia, bersifat lokal.
 
"Terjadi awan comulonimbus, berupa awan vertikal yang menjulang tinggi, sifatnya lokal, karena menjulang tinggi sampai level beku dan ketika jatuh menjadi butiran es," katanya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif