Taman kota 1 BSD Tangeramg Selatan. Foto: Medcom.id/Farhan D
Taman kota 1 BSD Tangeramg Selatan. Foto: Medcom.id/Farhan D

Tangsel Klaim Ruang Terbuka Hijau Capai 20 Persen

Nasional ruang terbuka hijau
Farhan Dwitama • 06 September 2019 13:11
Tangerang: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan mengeklaim luasan ruang terbuka hijau (RTH) mencapai 20 persen dari total luasan area Tangsel, yakni 147,19 kilometer per segi. Klaim berdasarkan pemetaan citra satelit.
 
"Tahun 2017 lalu RTH Tangsel sudah 18 persen," kata Sekretaris Dinas LH Kota Tangsel, Yepi Suherman, di kantornya, Jumat, 6 september 2019.
 
Yepi menjelaskan luasan RTH di Tangsel termasuk luas area taman mencapai 13,6 hektare, terdiri dari 307 taman di tujuh kecamatan. Selain taman, RTH juga disumbang dari luas tutupan hijau, situ, bantaran sungai dan area lahan pribadi warga dan pengembang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menegaskan pihaknya telah mewajibkan seluruh pengembang meyediakan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum untuk mempertahankan luasan RTH. Pihaknya, kata dia, tengah berusaha menambah penghijauan.
 
"Kita dengan dinas lain berusaha menambah area taman dan penghijauan dengan tandon," imbuhnya.
 
Sebelumnya, Masyarakat Peduli Lingkungan Kota (Malika) menggelar aksi teatrikal terkait minimnya ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Tangerang Selatan, Banten, dan buruknya kualitas udara di kota pemekaran Kabupaten Tangerang ini.
 
Melansir airvisual.com, Air Quality Index (AQI) di wilayah berjuluk Kota Anggrek ini tidak sehat yaitu 155 US AQI. Pengamatan dilakukan di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Tangsel, yang merupakan titik paling hijau di Tangsel.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif