Barang bukti sabu-sabu seberat 9,94 kilogram yang dimusnahkan Polres Sleman. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Barang bukti sabu-sabu seberat 9,94 kilogram yang dimusnahkan Polres Sleman. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Polres Sleman Musnahkan Hampir 10 Kilogram Sabu-sabu

Ahmad Mustaqim • 22 September 2022 17:25
Sleman: Polres Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memusnahkan barang bukti sabu-sabu sebanyak 9,94 kilogram pada Kamis, 22 September 2022. Barang bukti yang dimusnahkan itu disebut terbesar dalam satu dasawarsa. 
 
"(Pemusnahan 9,94 kilogram sabu-sabu) ini jadi yang terbesar dalam kurun waktu 2003 hingga saat ini," kata Wakil Kepala Polres Sleman, Kompol Andhyka Sonni Hermawan, di Mapolres Sleman, Selasa, 22 September 2022.
 
Andhyka menjelaskan pemusnahan barang bukti itu memakai alat kepunyaan Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah. Dengan pemusnahan sabu hampir 10 kilogram dapat menyelamatkan puluhan ribu orang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan asumsi tiap orang (penyalah guna narkotika) menggunakan 0,5 gram, berarti telah menyelamatkan sekitar 20 ribu orang," ucapnya.
 
Baca: Petugas Lapas di Samarinda Bongkar Penyelundupan Sabu Pakai Ayam Balado
 
Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Sleman AKP Irwan mengatakan barang bukti sabu-sabu diperoleh dari penangkapan tersangka inisial DJP, 26, warga Lampung, dan EK, 24, warga Kalimantan Tengah, pada 21 Juli 2022. Keduanya disebut mendapat pasokan sabu-sabu dari negeri Jiran Malaysia. 
 
"Rencannya mau diedarkan di Jawa, termasuk DIY dan (Kabupaten) Sleman," kata Irwan. 
 
Ia mengatakan kedua pelaku dijerat Pasal 144 (2) dan Pasal 112 (2) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dari pasal itu tersangka terancam pidana maksimal seumur hidup atau mati.
 
"Kami masih mendalami kemungkinan (dugaan) adanya keterlibatan pihak lain dalam kasus ini," ucapnya.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif