BPJS Kesehatan. Foto: MI/Pius Erlangga.
BPJS Kesehatan. Foto: MI/Pius Erlangga.

Pemprov Siapkan Rp47 Miliar Anggaran untuk JKN Warga Miskin di Jatim

Amaluddin • 23 September 2022 17:17
Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengalokasikan anggaran Rp47 miliar untuk mengcover jaminan kesehatan sosial (JKN) bagi masyarakat miskin. Dengan demikian, warga miskin yang belum mendapatkan JKN bisa mendapat layanan gratis di rumah sakit pemerintah.
 
"JKN ini bisa dimanfaatkan masyarakat di setiap rumah sakit milik pemerintah dan Pemprov Jatim," kata Kepala Dinkes Jatim Erwin Astha Triyono di Surabaya, Jumat, 23 September 2022.
 
Erwin mengatakan kebijakan ini solusi dari Pemprov bagi masyarakat miskin, sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) 16 tahun 2022. Namun, Erwin belum bisa menyebut berapa jumlah warga miskin di wilayahnya yang belum tercover JKN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Polri Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan di Satpas, Apa Fungsinya?
 
Hingga kini masih banyak warga Jatim yang belum tercover JKN. Salah satunya disebabkan kebijakan pusat, adanya pengalihan wewenang pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan warga miskin dari provinsi ke pemerintah kabupaten/kota.
 
Berdasar data universal health coverage (UHC), alias cakupan penjaminan kesehatan warga Jatim baru mencapai 77,61 persen dari jumlah penduduk. Di antara jumlah itu, ada sekitar 94.429 penduduk miskin yang belum terdaftar.
 
Sementara itu, jika mengacu data BPJS Kesehatan Jatim, jumlah warga Jatim yang memiliki jaminna kesehatan mencapai 33.845.129 jiwa atau 82,26 persen dari jumlah penduduk.
 
"Ini merupakan bagian dari upaya pemprov untuk dapat memberikan kemudahan akses dan keadilan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya Biakes Maskin," ucapnya.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif