3 Boks vaksin PMK berisi 8000 dosis tiba di Ponorogo (Foto / Metro TV)
3 Boks vaksin PMK berisi 8000 dosis tiba di Ponorogo (Foto / Metro TV)

Vaksinasi PMK Tahap I di Jatim Capai 92%

Clicks.id • 17 Juli 2022 11:31
Surabaya: Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Timur (Jatim) berlangsung cepat. Pada tahap pertama, vaksinasi sudah mencapai 92 persen atau 332.157 dari 363.400 dosis vaksin.
 
"Proses vaksinasi PMK di Jawa Timur berjalan cepat. Vaksinasi terus berjalan, kita sudah memiliki kesiapan sistem sekarang untuk mengimplementasikan dropping vaksin dari pusat," kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sabtu, 16 Juli 2022.
 
Orang nomor dua di Jatim itu menyatakan, pada tahap I vaksinasi PMK di Jatim, hanya menyasar sapi perah. Namun, pada tahap II pengiriman vaksin PMK di Jatim, rencananya juga menyasar sapi pedaging.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tantangannya kalau sapi perah ini ngumpul tempatnya, kalau sapi daging nyebar. Nanti mungkin kecepatan vaksinnya tidak secepat saat vaksin sapi perah," kata Emil.
 
Baca juga: 405 Sapi di Denpasar Terima Vaksin PMK per 16 Juli

Ia menambahkan saat ini pihaknya tengah menyiapkan skema lanjutan bantuan obat-obatan untuk dikirim ke peternak yang sapinya terpapar PMK. 
 
"Kami telah melangkah sesuai arahan gubernur untuk penyiapan obat-obatan untuk penanganan yang terpapar. Untuk teknis ganti rugi kita terus koordinasi dengan pusat," ujar dia.
 
Emil menyatakan, sasaran vaksinasi ke hewan ternak khususnya sapi di Jatim ada sebanyak 5 juta. Per sapi, disebut Emil membutuhkan tiga kali suntikan dosis PMK. Setiap dosis penyuntikan, membutuhkan waktu sekitar sebulan.
 
"Kita sedang menunggu dosis kedua yang harus disuntik lagi. Yang jelas kita lihat dulu berapa jumlahnya nanti dropping vaksin," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif